Stories - 23 May 2023

Narkotika Mengubah Manusia Jadi ‘Mayat Hidup’

Wabah Zombie menyebar! Sebelumnya, Philadelphia menjadi sorotan publik atas masyarakatnya yang berperilaku layaknya zombie.


Ilustrasi mayat hidup. -Freepik-

Context.id, JAKARTA - Wabah Zombie menyebar! Sebelumnya, Philadelphia menjadi sorotan publik atas masyarakatnya yang berperilaku layaknya zombie. Tidak berhenti disitu saja, kini merajalela di New york dan Los Angeles.

Diketahui, gelagat aneh tersebut disebabkan oleh obat-obatan terlarang. Pecandu narkotika zombie mencampurkan ‘tranq’, sejenis bius untuk menenangkan hewan dan ‘fentanyl’, obat pereda nyeri yang jika dikonsumsi sembarangan akan sangat mematikan.

Administrasi Penegakan Narkoba AS memperingatkan publik Amerika tentang peningkatan tajam dalam perdagangan ‘fentanyl’ dan ‘xylazine’, nama lain dari ‘tranq’. Dilansir dari New York Post, otoritas telah mengeluarkan peringatan atas efek mengerikan narkotika zombie pada penggunanya.

Pecandu narkotika zombie bahkan menggerogoti daging mereka sendiri, persis seperti zombie di film-film. Kepala Drug Enforcement Administration New York (DEA) Frank Tarentino menyampaikan, ‘xylazine’ adalah masalah besar bagi seluruh negara.

Menurut Centers for Disease Control (CDC), 107.735 orang Amerika meninggal antara Agustus 2021 hingga Agustus 2022 akibat keracunan obat, dengan 66 persen kematian tersebut melibatkan penyalahgunaan konsumsi ‘fentanyl’.

Efek samping yang mengerikan ini cukup memprihatinkan dunia karena selain dua wilayah yang disebutkan sebelumnya, keganasan narkotika zombie telah menyebar di 48 negara bagian Amerika Serikat.

Say No To Drugs! Ini Caranya…

Apapun alasan yang dianut pecandu narkoba tidak akan pernah bisa menyetujui seseorang memakai narkoba jenis apapun. Narkoba bukan untuk menyelesaikan masalah hidup, melainkan menambah permasalahan kehidupan yang semakin rumit.

Adapun beberapa cara untuk menghindari penggunaan narkoba, di antaranya

  1. Jangan pernah mencoba menggunakan narkoba atau narkotika, kecuali untuk alasan pengobatan serta terapi

  2. Mencari tahu tentang apa itu narkoba serta dampak negatifnya bagi kesehatan tubuh

  3. Memilih lingkungan pergaulan yang baik

  4. Melakukan berbagai kegiatan positif, seperti belajar ataupun berolahraga

  5. Gunakan waktu luang untuk bersantai bersama keluarga, belajar, berolahraga ataupun melakukan kegiatan positif lainnya

  6. Jika memiliki permasalahan, jangan gunakan narkoba sebagai pelarian atau jalan keluarnya

Say no to drugs adalah cara atau langkah utama yang bisa dilakukan untuk menghindari penggunaan narkoba atau narkotika. Temukan potensi diri dan kembangkan hobi hingga menciptakan prestasi.


Penulis : Nisrina Khairunnisa

Editor   : Context.id

MORE  STORIES

KPPU Mulai Sidangkan Perkara Tender di BRIN

Perkara ini melibatkan 4 perusahaan yang menjadi terlapor

Noviarizal Fernandez | 20-05-2024

D’Festa 2024, Pameran K-Pop Terbesar di Indonesia

D\'Festa digadang-gadang dapat memberikan pengalaman impresif yang tak terlupakan bagi para penggemar K-Pop di Indonesia

Context.id | 20-05-2024

Mengenal HIFI, Orang Kaya tapi Kekurangan

Generasi milenial di kota-kota AS yang berpenghasilan $200.000 atau lebih per tahun hidup dari gaji ke gaji

Context.id | 20-05-2024

Salah Kaprah Bisnis Franchise atau Waralaba

waralaba ini memberikan hak penggunaan merek dagang, sistem operasi, dan dukungan kepada pihak lain untuk menjalankan bisnis yang sudah berjalan.

Context.id | 20-05-2024