Stories - 23 May 2023

Narkotika Mengubah Manusia Jadi ‘Mayat Hidup’

Wabah Zombie menyebar! Sebelumnya, Philadelphia menjadi sorotan publik atas masyarakatnya yang berperilaku layaknya zombie.


Ilustrasi mayat hidup. -Freepik-

Context.id, JAKARTA - Wabah Zombie menyebar! Sebelumnya, Philadelphia menjadi sorotan publik atas masyarakatnya yang berperilaku layaknya zombie. Tidak berhenti disitu saja, kini merajalela di New york dan Los Angeles.

Diketahui, gelagat aneh tersebut disebabkan oleh obat-obatan terlarang. Pecandu narkotika zombie mencampurkan ‘tranq’, sejenis bius untuk menenangkan hewan dan ‘fentanyl’, obat pereda nyeri yang jika dikonsumsi sembarangan akan sangat mematikan.

Administrasi Penegakan Narkoba AS memperingatkan publik Amerika tentang peningkatan tajam dalam perdagangan ‘fentanyl’ dan ‘xylazine’, nama lain dari ‘tranq’. Dilansir dari New York Post, otoritas telah mengeluarkan peringatan atas efek mengerikan narkotika zombie pada penggunanya.

Pecandu narkotika zombie bahkan menggerogoti daging mereka sendiri, persis seperti zombie di film-film. Kepala Drug Enforcement Administration New York (DEA) Frank Tarentino menyampaikan, ‘xylazine’ adalah masalah besar bagi seluruh negara.

Menurut Centers for Disease Control (CDC), 107.735 orang Amerika meninggal antara Agustus 2021 hingga Agustus 2022 akibat keracunan obat, dengan 66 persen kematian tersebut melibatkan penyalahgunaan konsumsi ‘fentanyl’.

Efek samping yang mengerikan ini cukup memprihatinkan dunia karena selain dua wilayah yang disebutkan sebelumnya, keganasan narkotika zombie telah menyebar di 48 negara bagian Amerika Serikat.

Say No To Drugs! Ini Caranya…

Apapun alasan yang dianut pecandu narkoba tidak akan pernah bisa menyetujui seseorang memakai narkoba jenis apapun. Narkoba bukan untuk menyelesaikan masalah hidup, melainkan menambah permasalahan kehidupan yang semakin rumit.

Adapun beberapa cara untuk menghindari penggunaan narkoba, di antaranya

  1. Jangan pernah mencoba menggunakan narkoba atau narkotika, kecuali untuk alasan pengobatan serta terapi

  2. Mencari tahu tentang apa itu narkoba serta dampak negatifnya bagi kesehatan tubuh

  3. Memilih lingkungan pergaulan yang baik

  4. Melakukan berbagai kegiatan positif, seperti belajar ataupun berolahraga

  5. Gunakan waktu luang untuk bersantai bersama keluarga, belajar, berolahraga ataupun melakukan kegiatan positif lainnya

  6. Jika memiliki permasalahan, jangan gunakan narkoba sebagai pelarian atau jalan keluarnya

Say no to drugs adalah cara atau langkah utama yang bisa dilakukan untuk menghindari penggunaan narkoba atau narkotika. Temukan potensi diri dan kembangkan hobi hingga menciptakan prestasi.


Penulis : Nisrina Khairunnisa

Editor   : Context.id

MORE  STORIES

Tuai Pro-Kontra, Parlemen Swedia Sahkan Revisi UU Pergantian Kelamin

Parlemen Swedia telah mengesahkan revisi undang-undang baru yang memudahkan seseorang untuk mengubah jenis kelamin mereka

Context.id | 19-04-2024

Google Kembali PHK Karyawan, CEO Memprediksi Tahun Depan Juga

Sebelumnya, Google telah memecat ratusan karyawan pada Januari lalu demi efisiensi keuangan untuk pengembangan teknologi AI

Context.id | 19-04-2024

OJ Simpson, Dari Superstar Jadi Narapidana

Dia kemudian mencapai rekor dan menjadi salah satu pemain terhebat dalam sejarah American football.

Noviarizal Fernandez | 19-04-2024

Post Holiday Blues, Depresi Setelah Liburan

Tak jarang ditemui setelah liburan ada yang belum siap untuk kembali melakukan rutinitas sehingga mengalami kecemasan

Context.id | 19-04-2024