Stories - 09 May 2023

Terima Gaji Pertama, Mau Dipakai Buat Apa?

Mendapat gaji pertama memang membahagikan. Bagaimana tidak? Setelah berjerih payah dalam bekerja, akhirnya upah ada di depan mata.


Ilustrasi orang yang mendapatkan gaji pertamanya. - Freepik -

Context.id, JAKARTA - Mendapat gaji pertama memang membahagikan. Bagaimana tidak? Setelah berjerih payah dalam mencari kerja dan bekerja, akhirnya upah yang dinanti-nanti ada di depan mata.

Namun, tak jarang pendapatan perdana yang didapat akan tersalurkan kepada hal-hal yang kurang berguna atau berfoya-foya. 

Gak salah sih untuk membelanjakan gaji pertama sebagai bentuk self reward ataupun syukur atas jerih payah yang disalurkan. Tetapi jangan sampai kebablasan hingga membuat pusing setelahnya.

Survei Jajak Pendapat (JakPat) mengungkapkan bahwa memang 53,4 persen responden gen z mengaku memberi gaji pertamanya kepada orang tua. Lalu, 43,8 persen gen z akan menggunakan gaji pertamanya untuk membeli barang atau sesuatu yang diinginkan.

Meski begitu, ada kalanya seseorang yang baru saja menerima gaji pertamanya harus tetap mempraktikkan skala prioritas dengan mengutamakan pengeluaran terhadap pangan, sandang, dan papan.  

Tiap pekerja mesti mementingkan pengurutan kebutuhan berdasarkan tingkat dari yang paling mendesak hingga yang bisa ditunda terlebih dulu. 

Tentukan pula tujuan keuangan di masa yang akan datang. Langkah ini dapat membantu untuk menghitung dana yang perlu ditabung. 

Pada dasarnya, penyusunan skala prioritas bertujuan agar manusia tidak abai terhadap fundamental kehidupan yang akan dihadapi dalam jangka waktu ke depan.


Penulis : Nisrina Khairunnisa

Editor   : Crysania Suhartanto

MORE  STORIES

Wajah Bisa Menggambarkan Status Kelas Sosial, Ini Penjelasannya

Wajah seseorang dapat menggambarkan kondisi kehidupannya

Context.id | 26-04-2024

Rusia Veto Usulan Amerika Mengenai Penempatan Nuklir di Ruang Angkasa

Rusia tidak ingin pelarangan senjata di luar angkasa hanya berlaku untuk nuklir, mereka ingin pelarangan semua senjata atau hulu ledak lainnya.

Context.id | 26-04-2024

Perpusnas Prancis Karantina Buku Terkontaminasi Racun Arsenik

Ratusan sampul buku telah diteliti dan diduga ada kandungan logam berat

Context.id | 26-04-2024

Lamun dan Rumput Laut Bisa Menangkal Perubahan Iklim

Jumlah karbon biru yaitu karbon yang dapat disimpan oleh ekosistem laut dan pesisir secara alami sebanyak 350.000 ton

Context.id | 25-04-2024