Stories - 09 May 2023

Terima Gaji Pertama, Mau Dipakai Buat Apa?

Mendapat gaji pertama memang membahagikan. Bagaimana tidak? Setelah berjerih payah dalam bekerja, akhirnya upah ada di depan mata.


Ilustrasi orang yang mendapatkan gaji pertamanya. - Freepik -

Context.id, JAKARTA - Mendapat gaji pertama memang membahagikan. Bagaimana tidak? Setelah berjerih payah dalam mencari kerja dan bekerja, akhirnya upah yang dinanti-nanti ada di depan mata.

Namun, tak jarang pendapatan perdana yang didapat akan tersalurkan kepada hal-hal yang kurang berguna atau berfoya-foya. 

Gak salah sih untuk membelanjakan gaji pertama sebagai bentuk self reward ataupun syukur atas jerih payah yang disalurkan. Tetapi jangan sampai kebablasan hingga membuat pusing setelahnya.

Survei Jajak Pendapat (JakPat) mengungkapkan bahwa memang 53,4 persen responden gen z mengaku memberi gaji pertamanya kepada orang tua. Lalu, 43,8 persen gen z akan menggunakan gaji pertamanya untuk membeli barang atau sesuatu yang diinginkan.

Meski begitu, ada kalanya seseorang yang baru saja menerima gaji pertamanya harus tetap mempraktikkan skala prioritas dengan mengutamakan pengeluaran terhadap pangan, sandang, dan papan.  

Tiap pekerja mesti mementingkan pengurutan kebutuhan berdasarkan tingkat dari yang paling mendesak hingga yang bisa ditunda terlebih dulu. 

Tentukan pula tujuan keuangan di masa yang akan datang. Langkah ini dapat membantu untuk menghitung dana yang perlu ditabung. 

Pada dasarnya, penyusunan skala prioritas bertujuan agar manusia tidak abai terhadap fundamental kehidupan yang akan dihadapi dalam jangka waktu ke depan.


Penulis : Nisrina Khairunnisa

Editor   : Crysania Suhartanto

MORE  STORIES

Banyak Konsumsi Garam Bikin Umur Pendek?

Universitas Tulane menemukan mereka yang sering menambahkan garam ke makanan mereka memiliki tingkat 28% lebih tinggi mengenai risiko kematian dini

Context.id | 14-06-2024

Rasio Dokter Lokal Minim, Kemenkes Buka Keran Dokter Asing

Kementerian Kesehatan RI telah berencana menggunakan tenaga medis asing untuk mengisi minimnya tenaga kesehatan lokal

Context.id | 14-06-2024

Militer Israel Masuk Daftar Hitam PBB, Apa Konsekuensinya?

Daftar hitam hanya suatu bentuk hukuman mempermalukan pihak-pihak yang berkonflik dengan catatan memiliki pelanggaran berat terhadap anak-anak.

Context.id | 13-06-2024

Haji Furoda, Bagaimana Awal Kemunculannya dan Berapa Biayanya?

Keuntungan memilih kategori haji furoda ini, calon jemaah tidak perlu mengantri lama dan bertahun-tahun untuk bisa menunaikan ibadah haji

Context.id | 13-06-2024