Unfold - 22 February 2023

Penularan Cacar Monyet Mirip Covid-19?

Jenis virus zoonosis ini sebenarnya sudah ada sejak 1958 yang muncul pertama kali muncul di sekelompok monyet asal Singapura.

Context.id, JAKARTA - Pada awal Mei 2022, dua orang di Inggris tiba-tiba merasakan demam, pusing, dan timbul ruam di seluruh tubuhnya. Memang, gejalanya mirip dengan cacar biasa, tetapi ternyata itu merupakan gejala dari cacar monyet. 

Pada dasarnya, penyebab dari penyakit ini adalah virus yang bernama cacar monyet atau monkey pox. Jenis virus zoonosis ini sebenarnya sudah ada sejak 1958 yang muncul pertama kali muncul di sekelompok monyet asal Singapura dan sedang diteliti di sebuah laboratorium di Denmark.

Namun, entah bagaimana cara penyebarannya, pada 1970 virus cacar monyet pertama kali menginfeksi manusia di Republik Demokratik Kongo. Adapun korbannya adalah seorang bayi laki-laki berumur 9 bulan.

Sejak saat itu, cacar monyet mulai menyebar di 11 negara Afrika lainnya dan baru pertama kali terdeteksi di luar Afrika pada 2003 di Amerika Serikat. Namun karena sudah bermutasi, sejak Mei 2022, virus ini jadi mudah menyebar antar manusia serta negara-negara lainnya, termasuk Indonesia. 


MORE  UNFOLD  VIDEOS

Alasan Orang Korea Selatan Terobsesi dengan MBTI

MBTI merupakan akronim dari Myers-Briggs Type Indicator. Ini merupakan tes yang dirancang untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam mel ...

Putri Dewi | 20-03-2024

Keluarga Kerajaan Inggris Selalu Jadi Sorotan

Keluarga Kerajaan Inggris diterpa kontroversi secara beruntun dengan sejumlah gosip tak sedap, mulai dari menghilangnya Putri Wales hingga perseli ...

David Eka | 19-03-2024

Yuk Ngintip Peta Suara Capres di Luar Negeri

Banyaknya jumlah WNI yang tersebar di 128 negara, turut menopang kontribusi suara para paslon.

Noviarizal Fernandez | 18-03-2024

Habis Pemilu, Terbitlah PESD

Merupakan kecemasan yang ditandai dengan perasaan cemas atau takut setelah berakhirnya pemilu.

Noviarizal Fernandez | 15-03-2024