Stories - 20 January 2023

Emosi Schadenfreude dan Peristiwa Nenek Mandi Lumpur

Kesenangan warganet saat melihat seorang nenek tersiksa saat mandi lumpur, disebut sebagai emosi Schadenfreude.


Seorang nenek yang viral di Tiktok akibat mandi lumpur sampai menggigil. - Tiktok @atorizzs -

Context.id, JAKARTA - Seorang nenek yang mandi lumpur sembari disiarkan langsung di media sosial Tiktok sempat membuat geger warganet. 

Pasalnya, ia melakukan tindakan tersebut hanya demi mendapatkan sebuah gift atau hadiah dari penontonnya. Jadi, setiap ada netizen Tiktok yang memberikan gift kepada dirinya, sang nenek akan mengguyur tubuhnya dengan air lumpur. 

Mirisnya, hal itu tetap dilakukan sang nenek walaupun ia sudah tampak gemetaran dan menggigil karena tidak bisa menahan dinginnya air lumpur. Kendati demikian, para warganet masih tetap memberikan gift dalam jumlah besar dan mendukung si nenek untuk tetap menjalankan aksinya.

Oleh karena itulah, sejumlah warganet yang lain pun mengecam tindakan para netizen yang memberikan gift serta tindakan dari sang nenek itu sendiri. Banyak di antaranya yang bahkan meminta warganet lain untuk me-report jika menemukan konten tersebut ataupun yang serupa dengan hal ini.

Selain itu, tindakan ini pun juga sampai juga ke telinga Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini dan membuatnya menyurati Pemerintah Daerah setempat untuk mengurus sang nenek. 



 

Mengapa Masyarakat Senang saat Melihat Orang Lain Sedih?

Dikutip dari Big Think, hal ini sebenarnya adalah fenomena psikologis kompleks bernama Schadenfreude. Dimana, orang dapat merasa gembira atas kerugian orang lain. 

Hal ini merupakan perasaan yang sama ketika tim olahraga lawan membuat kesalahan ataupun teman yang kurang disuka jatuh karena tersandung. 

Faktanya, perasaan kesenangan yang “kotor” ini juga diakui oleh sejumlah negara. Orang Jepang memiliki pepatah yang berbunyi “kemalangan orang lain terasa seperti madu”. Kemudian, orang Perancis juga memiliki kata “joie maligne” yang berarti kesenangan dalam penderitaan orang lain. 

Penelitian di Wurzburg, Jerman juga bahkan pernah menemukan fakta bahwa penggemar sepak bola cenderung tersenyum lebih cepat dan lebar saat tim lawan gagal mengeksekusi penalti, daripada saat tim mereka sendiri mencetak gol. 

Adapun fenomena ini tidak terlepas dari kebiasaan manusia yang terus membanding-bandingkan diri mereka satu sama lain. Alhasil, ketika ada sesuatu yang buruk terjadi pada orang dengan status tinggi, orang dengan harga diri rendah akan cenderung mengalami schadenfreude (kesenangan melihat kesulitan orang). 

Pasalnya, mereka melihat orang yang seolah-olah “lebih baik” daripada mereka menderita, akan menjadi penghiburan tersendiri.

Namun, perlu diketahui bahwa schadenfreude merupakan sebuah emosi yang normal. Namun, memang orang yang memiliki narsisme, machiavellianism, dan psikopati akan cenderung lebih sering untuk merasakan schadenfreude (kesenangan melihat kesulitan orang).


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Context.id

MORE  STORIES

Lamun dan Rumput Laut Bisa Menangkal Perubahan Iklim

Jumlah karbon biru yaitu karbon yang dapat disimpan oleh ekosistem laut dan pesisir secara alami sebanyak 350.000 ton

Context.id | 25-04-2024

Mengenal Duck Syndrome, Istilah yang Lagi Populer

Sindrom ini menggambarkan seseorang yang mencoba menciptakan ilusi kehidupan yang sempurna, tetapi sebenarnya diliputi kecemasan yang sangat besar

Context.id | 25-04-2024

Fragmen Virus Flu Burung dalam Susu Pasteurisasi, Apakah Berbahaya?

Hasil pengetesan beberapa sampel susu pasteurisasi ditemukan sisa-sisa fragmen virus Flu Burung yang telah menginfeksi sapi perah

Context.id | 25-04-2024

Alasan Masyarakat hingga Pejabat Indonesia Gemar Berobat ke Luar Negeri

Pengobatan ke rumah sakit di luar negeri sejak lama menjadi tren yang berkembang di Indonesia

Context.id | 25-04-2024