Unfold - 03 January 2023

Benarkah Napoleon Bonaparte Kalah Karena Indonesia?

Di tempat ini lah berbagai lempeng yang ada di kerak bumi bertemu.

Context, JAKARTA - Kawasan Ring of Fire atau Cincin Api adalah zona yang dianggap sebagai sumber dari bencana tektonik, termasuk gempa dan letusan gunung api. Lebih tepatnya, zona ini terletak di Pasifik, sehingga disebut juga sebagai Cincin Api Pasifik.

Deretan bencana tersebut bisa sering terjadi karena Cincin Api Pasifik adalah zona yang sangat aktif secara seismik. Di tempat ini juga lah berbagai lempeng yang ada di kerak bumi bertemu.

Cincin Api Pasifik tidak lah membentuk lingkaran, namun jalurnya lebih mirip tapal kuda. Panjangnya mencapai 40 ribu kilometer, terbentang dari Selandia Baru, Mikronesia, Asia Tenggara, Asia Timur, pesisir barat Amerika Utara, pesisir barat Amerika Tengah, hingga pegunungan di pantai Pasifik Amerika Selatan.

Wilayah Indonesia sendiri terletak di salah satu zona Cincin Api Pasifik, yaitu pada pertemuan antara tiga lempeng utama, yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, dan Lempeng Pasifik. Di Utara Maluku, Indonesia juga bersinggungan dengan Lempeng Laut Filipina.

Karena hal tersebut, Indonesia memiliki ratusan titik gempa. Sebagian besar terjadi akibat tiga sumber utama gempa tektonik, yaitu zona subduksi, zona transform, dan zona sesar kerak bumi dangkal.

Selain itu, Indonesia juga menjelma sebagai rumah dari ratusan gunung berapi aktif. Beberapa di antaranya pun telah tercatat sebagai gunung api dengan letusan terdahsyat di dunia, antara lain seperti Gunung Tambora (1815), Gunung Samalas (1257), dan Gunung Krakatau (1883).


MORE  UNFOLD  VIDEOS

Alasan Orang Korea Selatan Terobsesi dengan MBTI

MBTI merupakan akronim dari Myers-Briggs Type Indicator. Ini merupakan tes yang dirancang untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam mel ...

Putri Dewi | 20-03-2024

Keluarga Kerajaan Inggris Selalu Jadi Sorotan

Keluarga Kerajaan Inggris diterpa kontroversi secara beruntun dengan sejumlah gosip tak sedap, mulai dari menghilangnya Putri Wales hingga perseli ...

David Eka | 19-03-2024

Yuk Ngintip Peta Suara Capres di Luar Negeri

Banyaknya jumlah WNI yang tersebar di 128 negara, turut menopang kontribusi suara para paslon.

Noviarizal Fernandez | 18-03-2024

Habis Pemilu, Terbitlah PESD

Merupakan kecemasan yang ditandai dengan perasaan cemas atau takut setelah berakhirnya pemilu.

Noviarizal Fernandez | 15-03-2024