Stories - 22 November 2022

Catat! Ini yang Harus Dilakukan Jika Terjadi Gempa

Berikut langkah-langkah yang perlu diketahui masyarakat jika sedang terjadi gempa.


Ilustrasi tanah terbelah karena gempa bumi. -Freepik-

Context, JAKARTA - Indonesia merupakan wilayah yang sering kali diguncang oleh gempa. Hal ini dikarenakan Indonesia terletak di antara pertemuan tiga lempeng tektonik, yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, dan Lempeng Pasifik.

Akibatnya, sejumlah gempa besar pun pernah terjadi di Indonesia, seperti gempa Aceh pada 2004 dengan magnitudo 9,1 skala richter (sr), kemudian gempa Yogyakarta pada 2006 dengan kekuatan 5,9 sr, Sulawesi Tengah pada 2018 dengan 7,7 sr, dan yang terakhir di Cianjur pada 2022 dengan magnitudo 5,6 sr.

Dilansir Bisnis, selain gempa yang diakibatkan oleh pergerakan lempeng tektonik atau aktivitas sesar, banyaknya gunung api yang masih aktif di Indonesia juga kerap kali menyebabkan gempa. Karena itu, berikut langkah-langkah yang perlu diketahui masyarakat jika sedang terjadi gempa.


Langkah yang Harus Dilakukan Jika Terjadi Gempa

Dilansir cdc.gov, langkah pertama yang harus dilakukan jika terjadi gempa adalah menjatuhkan langsung menjatuhkan tangan dan lutut, sebelum goyangan gempa menjatuhkan kamu. Posisi ini akan memudahkanmu untuk bergerak mencari tempat aman.

Kemudian, lindungi tubuhmu di bawah meja yang kokoh. Kemudian, tutup lah bagian kepala dan leher dengan lengan atau tangan. Pasalnya, leher dan kepala adalah bagian yang paling vital dan harus dilindungi dari reruntuhan bangunan,

Tunggu sampai goncangan berhenti, dan ketika gempa dirasa sudah selesai, lari lah keluar bangunan secara hati-hati dan langsung mencari tempat yang aman.


Jika Berada di Gedung Bertingkat

Sama seperti di tempat lainnya, hal pertama yang harus dilakukan adalah menenangkan diri dan jangan panik. Karena mengutip Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes RI, panik hanya akan membuat suasana di dalam gedung tersebut menjadi gaduh.

Kemudian, jangan langsung pergi keluar gedung. Terutama yang berada di lantai-lantai tinggi, jangan menggunakan elevator atau eskalator. Pasalnya, ada kemungkinan besar jika listrik akan mati.

Selain itu, hal lainnya yang perlu dihindari adalah kaca. Sebisa mungkin untuk menjauhi kaca yang ada di dekatmu. Karena jika guncangan gempa besar, maka gempa tersebut cukup kuat untuk mengakibatkan pecahnya kaca yang nantinya akan melukai dirimu.

Lalu, sebisa mungkin untuk mencari tempat aman yang terdapat pada gedung. Biasanya, tempat paling aman ketika terjadi aman di dalam gedung adalah di pojok ruangan, atau tiang utama penyangga gedung. Sembari mojok di tembok gedung, jangan lupa untuk melindungi kepala dan leher. 

Saat gempa sudah selesai, perlahan-lahan untuk turun melalui tangga darurat dan pergi ke tempat aman. Tunggu terlebih dahulu hingga dapat dipastikan tidak ada gempa susulan dengan magnitudo yang besar lagi.


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Suara Golkar Terbesar di Koalisi Prabowo, Jatah Menterinya Banyak?

Kinerja perolehan suara mentereng dalam Pemilu Legislatif atau Pileg 2024 dinilai menjadi tolok ukur

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Laga Panas Para Jawara di AFC Cup U-23

Tiga mantan pemenang Piala Asia AFC U23 lainnya juga turut lolos ke babak penentu itu

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Tren Positif Berlanjut, Industri Mobil Listrik Makin Menjanjikan

Pada 2023 lalu, penjualan mobil listrik memecahkan rekor penjualan mencapai 14 juta unit secara global atau setara dengan 18% dari seluruh penjual ...

Context.id | 24-04-2024

Profi Tiga Hakim Dissenting Opinion Putusan MK Soal Pilpres 2024

Tiga hakim ajukan pendapat berbeda dengan lima hakim lainnya terkait putusan MK yang menolak permohonan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Context.id | 23-04-2024