Stories - 13 October 2022
Bisnis Goes to Campus, Tunjang Literasi Keuangan Gen Z
Bisnis Indonesia lakukan rangkaian acara Bisnis Goes to Campus (BGTC) di UI untuk mengkampanyekan literasi digital dan keuangan.

Context.id, JAKARTA - Perkembangan teknologi terutama di sektor keuangan melaju semakin cepat. Namun, sayangnya perkembangan ini seringkali tidak dibarengi dengan edukasi dan literasi pada dunia keuangan, khususnya pada generasi milenial.
Sebuah survei dari Citizen Bank menyatakan bahwa mayoritas generasi milenial terancam masalah utang piutang dan kebangkrutan. Penelitian itu bahkan menemukan bahwa lebih dari 57 persen generasi milenial yang menjadi responden survei tersebut menyesali pengeluaran impulsif yang sebenarnya tidak dibutuhkan.
Lebih lanjut, hal ini menjadi semakin kontras, karena data dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyatakan bahwa inklusi keuangan Indonesia telah mencapai 83,6 pesen, padahal literasi keuangan Indonesia hanya 38,03 persen. Artinya layanan jasa keuangan di Indonesia sudah cukup tinggi, tetapi tidak diikuti dengan pemahaman komprehensif mengenai produk tersebut.
Maka dari itu, Bisnis Indonesia melakukan rangkaian acara Bisnis Goes to Campus (BGTC) untuk ketujuh kalinya, yang kali ini bertempat di Universitas Indonesia (UI) untuk mengkampanyekan literasi digital dan keuangan.
Direktur Bisnis Indonesia, Hery Trianto menyatakan bahwa semangat BGTC adalah mengampanyekan literasi digital dan keuangan seiring dengan meningkatnya penetrasi ponsel pintar.
Maka, pada BGTC di UI ini, telah dihadirkan pembicara Head of Marketing & Money Management Gopay, Kiki Apriyani dan financial planner, Widya Prima. Selain itu, BGTC UI juga akan menghadirkan SVP Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri, Thomas Wahyudi.
Adapun kegiatan yang diselenggarakan dibagi atas beberapa sesi, yakni mengelola keuangan dari Gopay, sesi perbankan dari Bank Mandiri, serta sesi jurnalistik dari redaksi Bisnis Indonesia.
“Jadi siapapun dari kita mendapat kemudahan dari teknologi dan kemudian kami tahu bahwa kita perlu mengampanyekan literasi digital yang sehat dan bagaimana memanfaatkan teknologi ini dengan cukup baik,” ujar Heri, Selasa (11/10/2022).
Adapun pemilihan universitas sebagai tempat penyelenggaraan adalah karena generasi milenial dan z merupakan penggerak utama konsumsi dalam sistem perekonomian dunia. Dengan demikian, dengan adanya literasi digital, literasi keuangan, dan kemampuan untuk membuka lapangan pekerjaan baru, seharusnya sudah didapatkan oleh mahasiswa.
Diketahui, sebelum penyelenggaraan di Universitas Indonesia, BGTC sudah diselenggarakan di enam kampus di daerah Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Riau, serta Sulawesi Selatan.
Penulis : Crysania Suhartanto
Editor : Putri Dewi
MORE STORIES

Apa Itu Bursa Karbon Indonesia?
Indonesia meluncurkan bursa karbon yang diharapkan dapat berkontribusi dalam mengurangi dampak krisis iklim
Noviarizal Fernandez | 27-09-2023

Tok! Pemerintah Segera Batasi Social Commerce
Pemerintah benar-benar menunjukkan keseriusan mengatur social commerce yang menjadi ajang jual beli produk impor dan menggerus UMKM
Noviarizal Fernandez | 25-09-2023

Fintech Terus Sasar Pendanaan UMKM
Perusahaan teknologi finansial terus menyasar pembiayaan bagi sektor usaha mikro kecil dan menengah.
Noviarizal Fernandez | 25-09-2023

Minat Tinggi Warga Ikut Uji Coba Kereta Cepat
Tiket untuk ikut uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau Whoosh sudah ludes. Padahal, tiket gratis untuk uji coba tahap dua baru dibuka kemarin ...
Noviarizal Fernandez | 25-09-2023
A modern exploration of business, societies, and ideas.
Powered by Bisnis Indonesia.
Copyright © 2023 - Context
Copyright © 2023 - Context