Stories - 12 September 2022

Sejarah Mangkuk Ayam Jago, Sudah Ada 60 Tahun Lalu

Mangkuk ayam atau rooster bowl ternyata sudah ada sejak lebih dari 60 tahun yang lalu.


Mangkok ayam jago. - Google -

Context.id, JAKARTA - Siapa yang tidak tahu mangkuk ayam?  Mangkuk dengan tanah liat berwarna putih, gambar ayam jantan, peony, pohon pisang yang dilukis dengan tangan di sisinya. 

Rasanya, mangkuk bergambar ayam jago ini sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Soalnya, setiap kali makan makanan jalanan, mulai mie ayam, bakso, hingga bubur ayam pasti menggunakan mangkok bergambar ayam jago. 

Tapi tahu nggak? Ternyata mangkuk ayam ini punya hari perayaannya serta sejarahnya tersendiri. 

Mangkuk ayam atau rooster bowl yang menjadi Doodle Google pada Senin (12/9/2022)  atau tepat pada hari perayaannya, sudah ada sejak lebih dari 60 tahun yang lalu.

Dilansir dari Siam Enamel Factory, kehadiran mangkuk ayam ini sebenarnya berasal dari sebuah kota di China, yang bernama Guangdong. Namun, pada saat itu mangkuk ini belum populer.

Sampai pada 1930an, banyak orang China yang memutuskan untuk bermigrasi ke negara-negara selatan, termasuk Thailand. Otomatis, pengetahuan dan kerajinan juga dibawa bersama mereka. 

Sesampainya di Lampang, Thailand, masyarakat pun membuat mangkuk yang sama. Namun, saat itu, para pekerja hanya membuat mangkuk ayam dengan tangan yang dibantu cetakan dan mesin. Tak heran jika, seorang pekerja hanya bisa menyelesaikan 30 mangkuk dalam sehari. 

Namun, karena dianggap menarik, unik, serta memiliki makna filosofis, mangkuk ayam ini mulai viral. Baik dipakai untuk berjualan ataupun sekadar makan di rumah. 

Soalnya, gambar ayam ternyata mengingatkan masyarakat agar lebih bekerja keras dan rajin, layaknya ayam jago yang berkokok tiap pagi. Selain itu daun pisang dan peony merah melambangkan mimpi keberuntungan.

Sejak itulah, permintaan mangkuk ayam meningkat. Sampai suatu ketika, Lampang memiliki sekitar 200 pabrik yang membuat mangkuk ini. Otomatis, mangkuk ayam menjadi sangat populer dan bahkan menjadi simbol dari daerah tersebut. Motif ayam pun menghiasi rambu-rambu jalan, jembatan, dan berbagai bangunan utama di provinsi tersebut.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Konflik Iran-Israel Bebani Pemerintahan Prabowo

Bagi presiden baru kondisi global yang penuh ketidakpastian bisa menghambat kebijakan ekonominya

Noviarizal Fernandez | 18-04-2024

Lawan Akun Bot, X Berlakukan Biaya Bagi Pengguna Baru

Seluruh akun baru di X diwajibkan untuk membayar ‘biaya kecil’ yang disebut oleh Elon sebagai bentuk verifikasi

Context.id | 18-04-2024

Tren Properti Indonesia, China dan Hongkong dari Selangit hingga Diobral

Harga properti Indonesia, China, dan Hongkong mengalami berbagai sentimen di tengah gejolak ekonomi global

Ririn oktaviani | 18-04-2024

Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Memicu Depresi, Kenapa?

Data Kemenkes RI per Maret 2024 mencatat sebanyak 22,4 % atau sekitar 2.716 calon dokter spesialis mengalami gejala depresi akibat PPDS.

Context.id | 18-04-2024