Stories - 09 September 2022

Bocornya Operasi London Bridge Ratu Elizabeth ke Publik

Setelah kematian Ratu Elizabeth II, akan ada sejumlah protokol yang harus dipatuhi, bernama Operation London Bridge. Berikut ini isinya!


Ratu Elizabeth II menghembuskan nafas terakhirnya pada Kamis (8/9/2022) pukul 12.32 waktu setempat atau 18.32 WIB. - Bloomberg -

Context.id, JAKARTA - Saat ini, dunia sedang berduka karena berita kematian perempuan nomor satu di Britania Raya, Ratu Elizabeth II. Ia menghembuskan nafas terakhirnya di usia 96 tahun, pada Kamis (8/9/2022) pukul 12.32 waktu setempat atau 18.32 WIB.

Tapi siapa sangka, ternyata prosedur pengumuman kematian dan pemakamannya sudah dipikirkan, bahkan dari awal ia menjabat sebagai ratu. Nama prosedur itu adalah “Operation London Bridge”.

Menariknya, dokumen yang membahas mengenai operasi kematian ini pernah bocor ke publik pada 2021 lalu. 

Berdasarkan laporan “Operation London Bridge” yang bocor, pemerintah Inggris telah bersiap untuk hal-hal yang akan terjadi setelah kematian Ratu Elizabeth II hingga 10 hari setelahnya. 

Dilansir dari Politico, media yang mendapatkan salinan laporan tersebut, saat peristiwa itu terjadi, perdana menteri, sekretaris kabinet, sejumlah menteri, serta pejabat paling senior akan diberitahukan pertama kali mengenai berita ini. 

Adapun khusus perdana menteri, berita akan diberitahukan oleh sekretaris pribadi ratu, yang juga akan memberitahukan Kantor Dewan Penasihat. Pasalnya, perdana menteri akan menjadi perwakilan pemerintah pertama yang membuat pernyataan mengenai hal apapun terkait kematian sang ratu. 

Lalu para menteri dan pegawai negeri senior juga akan menerima email dari sekretaris kabinet, yang berbunyi “rekan-rekan yang terhormat, dengan sedih saya menulis untuk memberitahu Anda tentang kematian Yang Mulia Ratu”.

Setelah menerima email ini, bendera di Whitehall (salah satu jalanan utama di London) akan diturunkan menjadi setengah tiang. Selain itu, situs web keluarga kerajaan “Royal UK” dan situs pemerintah Inggris “GOV UK” juga langsung menampilkan spanduk hitam di bagian atas. 

Lebih lanjut, semua halaman sosial media departemen pemerintah akan menampilkan spanduk hitam dan mengubah gambar profil mereka menjadi lambang departemen mereka. Konten yang mendesak dan retweet yang eksplisit juga dilarang untuk dipublikasikan, kecuali disetujui oleh kepala komunikasi pusat. 


Hari Setelah Kematian Ratu Elizabeth II

Secara internal, hari kematian ratu akan disebut sebagai Day-H dan setiap hari berikutnya akan disebut “D+1”, “D+2”, dan seterusnya hingga “D+10” yakni saat pemakaman.

Pada H+1, tokoh-tokoh senior pemerintah baru akan mengumumkan bahwa Raja Charles sebagai penguasa baru. Proklamasi kemudian akan dibacakan di St. James’s Palace dan Royal Exchange di London, yang dengan hal itu Pangeran Charles dinobatkan menjadi raja.

Kemudian pada H+2, seharusnya peti ratu akan kembali ke Istana Buckingham. Namun, karena Ratu Elizabeth II meninggal dunia di Balmoral, Skotlandia, maka akan dilakukannya operasi unicorn, sebuah sandi untuk rencana yang dilakukan di Skotlandia.

Dilansir dari Guardian, operasi unicorn adalah cara di mana peti mati Ratu Elizabeth II dibawa dan diterbangkan dari Skotlandia ke London. Operasi ini akan memakan waktu sekitar 4 hari, dimulai dari H+2 hingga paling lambat untuk sampai di London pada H+5, karena akan ada prosesi upacara besar di London. 

Selagi pegawai pemerintahan mengurus prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II, Raja Charles akan berkunjung ke setiap negara bagian Inggris untuk menerima mosi belasungkawa dari masing-masing parlemen di negara bagian. 

Lalu pada H+6 hingga H+9, ratu akan disemayamkan di Istana Westminster, London. Masyarakat pun dapat melayat ke Westminster dengan membeli tiket. 

Kemudian pada H+10, akan dilakukan pemakaman kenegaraan, yang akan diperingati sebagai hari berkabung nasional di Westminster Abbey. Nanti akan ada keheningan dua menit di seluruh penjuru Britania Raya.

Selain di London, prosesi pemakaman juga akan berlangsung di Kastil Windsor, dimana ratu akan dimakamkan di Kapel Memorial Raja George VI di kastil tersebut.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Kronologi Harvey Moeis Jadi Tersangka Kasus Korupsi PT Timah

Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan Harvey Moeis sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha P ...

Context.id | 28-03-2024

Satelit Starlink Elon Musk Ikut Kawal Mudik Lebaran 2024 di Indonesia

Satelit luar angkasa penyedia jaringan internet milik Elon Musk, Starlink akan ikut hadir dan mengambil peran dalam masa mudik lebaran 2024 di Ind ...

Context.id | 28-03-2024

Rusia Tuding Barat dan Ukraina Dukung Serangan Teroris di Moskow

Tudingan itu dibantah Ukraina dan Prancis

Context.id | 27-03-2024

Ahli HAM PBB Serukan Sanksi dan Embargo Senjata Israel

lebih dari 30.000 orang Palestina terbunuh atas tindakan Israel dalam operasi militernya di Gaza

Context.id | 27-03-2024