Stories - 05 September 2022

Mengapa Fenomena Hujan Es Bisa Terjadi?

Jika terus dibiarkan, fenomena alam hujan es akan menjadi bencana alam.


Ilustrasi hujan es yang melanda Indonesia. - Context ID/ Puspa Larasati -

Context.id, JAKARTA - Fenomena alam yang diakibatkan oleh perubahan iklim, lama-lama semakin beragam. Mulai dari hujan ikan, langit merah, hingga hujan es, yang sering terjadi di Indonesia.

Padahal secara logika, Indonesia merupakan negara tropis, dimana seharusnya suhu udara tidak serendah itu, hingga dapat membuat air berubah menjadi es.

Dilansir dari laman Teknik Lingkungan Adhi Tama Institute of Technologi (ITATS), hujan es tersebut diakibatkan oleh energi potensial yang ada di udara serta kelembaban udara Indonesia yang cukup tinggi.

Selain itu dilansir dari Bisnis, hujan es juga terjadi akibat munculnya tumpukan awan cumulonimbus, atau awan yang sering muncul dari awal hingga akhir musim hujan. Pasalnya, jenis awan yang satu ini berlokasi cukup tinggi, sehingga suhu sekitarnya jadi dingin. 

Kondisi itulah yang membuat air yang berubah jadi es di awan kumulonimbus tidak mencair secara sempurna, sehingga jatuh ke permukaan bumi menjadi hujan es.

Adapun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika telah menyatakan bahwa peristiwa ini merupakan buntut dari perubahan iklim. Bahkan jika terus dibiarkan, fenomena alam hujan es akan menjadi bencana alam.

Pasalnya, menurut peneliti senior Pusat Penelitian Mitigasi Kebencanaan dan Perubahan Iklim ITS Amien Widodo, hujan es ini juga sangat mungkin datang bersamaan dengan angin puting beliung, yang mana hal itu akan sangat membahayakan.

“Namun, angin puting beliung yang datang bersamaan dengan hujan es yang lebih haru diwaspadai karena bersifat lebih merusak,” ujar Amien dikutip dari laman resmi ITS.

Akan tetapi Amien mengaku bahwa hujan es ini masih belum dapat diprediksi kapan dan dimana akan terjadi. Maka dari itu, masyarakat dihimbau untuk lebih waspada, terutama pada musim hujan.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

DJKI Gelar Klinik Kekayaan Intelektual di Seluruh Indonesia

Sejak 2022, MIC berhasil mendorong pertumbuhan KI di daerah-daerah melalui kerja sama DJKI dengan Kanwil Kemenkumham di seluruh Indonesia

Noviarizal Fernandez | 26-04-2024

Wajah Bisa Menggambarkan Status Kelas Sosial, Ini Penjelasannya

Wajah seseorang dapat menggambarkan kondisi kehidupannya

Context.id | 26-04-2024

Rusia Veto Usulan Amerika Mengenai Penempatan Nuklir di Ruang Angkasa

Rusia tidak ingin pelarangan senjata di luar angkasa hanya berlaku untuk nuklir, mereka ingin pelarangan semua senjata atau hulu ledak lainnya.

Context.id | 26-04-2024

Perpusnas Prancis Karantina Buku Terkontaminasi Racun Arsenik

Ratusan sampul buku telah diteliti dan diduga ada kandungan logam berat

Context.id | 26-04-2024