Stories - 31 August 2022

Bantuan Upah Pekerja Gaji Rp3,5 juta, Cair September

Akhirnya, pemerintah akan memberikan bantuan subsidi upah (BSU) lagi, per September 2022.


Ilustrasi penerimaan uang bantuan subsidi. - Antara -

Context.id, JAKARTA - Akhirnya, pemerintah akan memberikan bantuan subsidi upah (BSU) lagi. Syaratnya adalah memiliki gaji di bawah Rp3,5 juta. Adapun bantuan yang akan diberikan adalah Rp600 ribu dengan total anggaran Rp9,6 triliun. 

Menurut Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah, pihaknya segera menerbitkan petunjuk teknis mengenai bantuan tersebut, agar bantuan dapat tersalurkan dengan baik per September 2022.

“Kemenaker terus menyiapkan dan memfinalkan segala hal teknis untuk proses penyaluran BSU. Kami terus berupaya agar BSU ini dapat tersalurkan pada September 2022,” ujar Ida. 

Sementara, untuk masyarakat dengan gaji di atas angka tersebut, jangan berkecil hati. Soalnya, pekerja tersebut masih bisa untuk mendapatkan subsidi.

Akan tetapi, syaratnya lebih spesifik, yakni pekerja harus bekerja di wilayah dengan upah minimum provinsi (UMP) atau upah minimum kabupaten/kota (UMK) yang lebih besar dibandingkan Rp3,5 juta per bulan.

Selain itu, bantuan yang diberikan juga tidak Rp600.000, karena nantinya bantuan subsidi hanya sampai upah minimum regional tersebut terpenuhi.

Sementara itu, syarat lain untuk mendapatkan subsidi upah adalah seorang warga negara Indonesia dan sudah terdaftar di BPJS Kesehatan. 

Menurut data BPJS Ketenagakerjaan hingga semester I/2022, jumlah pekerja yang terdaftar adalah 32,82 juta pekerja. Lalu, menurut instruksi Presiden Joko Widodo, bantuan upah ini dimaksudkan untuk membantu 16 juta pekerja sesuai ketentuan yang telah disebutkan, yang mana mencapai setengah dari jumlah pekerja di Indonesia.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Miliarder Beli Klub Eropa, Ada Pengaruh ke Sepak Bola Indonesia?

Deretan pengusaha kakap Tanah Air miliki saham mayoritas di klub-klub sepak bola luar negeri

Noviarizal Fernandez | 17-05-2024

Polemik Pernikahan Massal 100 Anak Perempuan di Nigeria

Pendidikan lebih prioritas bagi anak-anak perempuan dibandingkan memaksanya untuk melakukan pernikahan

Context.id | 17-05-2024

Reimajinasi Baru Museum dan Cagar Budaya Menjadi Ruang Belajar Inklusif.

Kemdikbudristek meluncurkan Indonesian Heritage Agency atau IHA untuk memberikan citra baru bagi museum dan situs budaya nasional.

Context.id | 17-05-2024

Cerita Petani Kopi Binaan Starbucks, Kualitas Makin Baik Untung Kian Tebal

Starbucks FSC berkomitmen membantu para petani lokal dalam mengelola dan meningkatkan kualitas kopi yang mereka tanam

Ririn oktaviani | 17-05-2024