Unfold - 15 August 2022

Sebesar Apa Dampak Perang Rusia Ukraina pada Dunia?

Tanpa disadari, perang Rusia-Ukraina telah berlangsung selama hampir setengah tahun. Sejak pecahnya perang antara kedua negara itu, dunia alami krisis

Context, JAKARTA - Konflik Rusia-Ukraina yang sudah berlangsung sejak Februari 2022, ternyata telah berdampak buruk bagi banyak hal di dunia. Dampak global perang Rusia-Ukraina yang paling terasa adalah ancaman krisis energi dan pangan yang telah dirasakan oleh banyak negara di dunia.

Dari sektor energi, rentetan sanksi yang diberikan negara Barat kepada Rusia telah membuat Rusia memangkas pasokan gas hingga 60 persen bagi sebagian negara di Uni Eropa. Karena hal ini, banyak negara di Eropa terpaksa untuk melakukan transisi energi dari gas alam kembali ke batubara.

Selain itu, sanksi-sanksi yang diberikan oleh negara Barat tersebut juga telah menyebabkan naiknya harga minyak mentah dunia sebesar 350 persen hanya dalam kurun waktu dua tahun saja. Hal ini lah yang juga menyebabkan naiknya harga-harga bensin di Indonesia.

Naiknya harga energi, otomatis akan mengancam stabilitas supply chain dunia, tak terkecuali terhadap pangan. Diketahui, penggunaan energi langsung dan tidak langsung telah menghabiskan sekitar 40 hingga 50 persen biaya produksi pangan. Jadi, jika harga energi naik, maka biaya produksi dipastikan juga akan naik. Hasilnya, harga pangan pun juga akan naik.

Selain itu, blokade Rusia terhadap Ukraina di Laut Hitam juga telah berdampak kepada naiknya harga komoditas dunia, terutama gandum, jagung, dan minyak bunga matahari. Pasalnya, kedua negara tersebut adalah pengekspor 7,3 persen gandum dunia, pengekspor 70 persen minyak bunga matahari dunia, dan pengekspor 2,6 persen jagung dunia.


MORE  UNFOLD  VIDEOS

Alasan Orang Korea Selatan Terobsesi dengan MBTI

MBTI merupakan akronim dari Myers-Briggs Type Indicator. Ini merupakan tes yang dirancang untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam mel ...

Putri Dewi | 20-03-2024

Keluarga Kerajaan Inggris Selalu Jadi Sorotan

Keluarga Kerajaan Inggris diterpa kontroversi secara beruntun dengan sejumlah gosip tak sedap, mulai dari menghilangnya Putri Wales hingga perseli ...

David Eka | 19-03-2024

Yuk Ngintip Peta Suara Capres di Luar Negeri

Banyaknya jumlah WNI yang tersebar di 128 negara, turut menopang kontribusi suara para paslon.

Noviarizal Fernandez | 18-03-2024

Habis Pemilu, Terbitlah PESD

Merupakan kecemasan yang ditandai dengan perasaan cemas atau takut setelah berakhirnya pemilu.

Noviarizal Fernandez | 15-03-2024