Unfold - 29 June 2022

Mengapa Reshuffle Kabinet Selalu di Hari Rabu?

Sadar enggak sih kalau reshuffle kabinet selalu jatuh di hari Rabu?

Context.id, JAKARTA - Presiden Jokowi melakukan reshuffle kabinet lagi. Tapi sadar nggak, setiap pergantian menteri di kabinet, selalu dilakukan pada hari rabu, baik itu Rabu Pon, Rabu Wage, ataupun Rabu Pahing dalam primbon Jawa.

Pada dasarnya, dalam kalender Jawa ada dua jenis penanggalan, yaitu penanggalan masehi dan penanggalan Jawa. Kedua penanggalan ini memiliki angkanya tersendiri, yang jika dijumlahkan bisa kita tahu, apakah hari tersebut adalah hari baik ataupun hari buruk.

Untuk Hari Rabu Pon, jika angka dijumlahkan, akan didapatkan angka 14. Yang menurut perhitungan, neptu (perhitungan penanggalan masehi dan penanggalan Jawa) ini memiliki arti, bahwa wataknya yang serba kesusahan baik sandang maupun pangan. Namun, watak inipula yang membuat pribadinya menjadi cerdik.

Menariknya, Presiden Jokowi juga lahir pada hari Rabu Pon.

Lalu untuk Rabu Pahing, hasil neptu-nya adalah 16, yang melambangkan wataknya yang kuat dalam segala hal. Mungkin karena pertimbangan arti inilah, Jokowi mengumumkan dan melantik menteri-menterinya pada hari-hari tersebut.

Pertama kalinya Jokowi melakukan reshuffle pada 12 Agustus 2015, yang mana, tanggal tersebut bertepatan dengan Rabu Pon. Kemudian, perombakan kabinet kembali dilakukan pada 27 Juli yang lagi-lagi adalah hari Rabu Pon.

Selanjutnya, Jokowi kembali melakukan reshuffle pada 17 Januari 2018 (Rabu Pahing), 15 Agustus 2018 (Rabu Pahing), 23 Desember 2020 (Rabu Pon), 28 April 2021 (Rabu Wage), dan terakhir 15 Juni 2022 (Rabu Pahing).


MORE  UNFOLD  VIDEOS

Alasan Orang Korea Selatan Terobsesi dengan MBTI

MBTI merupakan akronim dari Myers-Briggs Type Indicator. Ini merupakan tes yang dirancang untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam mel ...

Putri Dewi | 20-03-2024

Keluarga Kerajaan Inggris Selalu Jadi Sorotan

Keluarga Kerajaan Inggris diterpa kontroversi secara beruntun dengan sejumlah gosip tak sedap, mulai dari menghilangnya Putri Wales hingga perseli ...

David Eka | 19-03-2024

Yuk Ngintip Peta Suara Capres di Luar Negeri

Banyaknya jumlah WNI yang tersebar di 128 negara, turut menopang kontribusi suara para paslon.

Noviarizal Fernandez | 18-03-2024

Habis Pemilu, Terbitlah PESD

Merupakan kecemasan yang ditandai dengan perasaan cemas atau takut setelah berakhirnya pemilu.

Noviarizal Fernandez | 15-03-2024