Stories - 17 June 2022

Australia Dilanda Krisis Energi, Apa yang Terjadi?

Australia sedang dilanda krisis energi karena masalah keterbatasan pasokan gas di Australia bagian timur akibat banyaknya permintaan.


Pembangkit Listrik Eraring di Eraring, New South Wales, Australia, Kamis (28/4/2022). - Bloomberg-

Context.id, JAKARTA - Australia sedang dilanda krisis energi terbesarnya selama 50 tahun terakhir. Menteri Energi, Chris Bowen dan Bendahara Australia, Jim Chalmers bahkan menyatakan bahwa negara tersebut sedang dilanda badai energi yang cukup berat. 

Hal ini disebabkan karena masalah keterbatasan pasokan gas di Australia bagian timur akibat banyaknya permintaan. Apalagi, saat ini banyak negara Eropa yang meminta pasokan gas dari negara tersebut, sebagai imbas dari sanksi Rusia.

Parahnya di saat yang bersamaan, sekitar 30 persen generator batubara tua di Australia sedang tidak beroperasi karena sedang dalam pemeliharaan. Selain itu, beberapa generator gas juga memerlukan biaya yang cukup mahal untuk pengoperasiannya, yang berakibat pada naiknya harga grosir dan berimbas pada harga listrik yang semakin mahal.

Sayangnya, Australia kini juga sedang dilanda musim dingin, sehingga listrik yang digunakan untuk memanaskan ruangan juga lebih banyak. Hal itu pun berakibat fatal pada pemborosan listrik, padahal negaranya sedang krisis listrik. 

Pemerintah pun terpaksa menaikan harga listrik sebesar 18 persen atau jika dibandingkan dengan tahun lalu, peningkatan harga mencapai 5 kali lipat.

Beruntungnya, tidak semua negara bagian di Australia terdampak krisis ini. Hanya negara bagian Victoria, Australia Selatan (SA), New South Wales (NSW), dan Queensland yang terdampak. Sedangkan negara bagian lain, seperti Canberra dan Australia Barat sudah terlindung dari krisis listrik karena mayoritas listriknya sudah menggunakan energi terbarukan.


Apa Dampak dari Krisis Energi Ini?

Dilansir dari The Oz, International Deutsche Bank menyatakan bahwa lonjakan harga gas dan listrik yang mendadak ini dapat mendorong laju inflasi hingga 6 persen. Namun saat ini, inflasi sudah mencapai 5,1 persen. 

Jika harga inflasi barang tetap di angka tersebut hingga akhir Juni, listrik juga akan dilanda inflasi hingga 20 persen pada akhir tahun. Hal inipun akan berimbas pada hal lainnya, seperti suku bunga.  Diperkirakan Reserve Bank of Australia (bank sentral Australia) akan menaikan suku bunga lebih cepat untuk menekan laju inflasi.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Perebutan Likuiditas di Indonesia, Apa Itu?

Likuditas adalah kemampuan entitas dalam memenuhi kewajiban finansialnya yang akan jatuh tempo

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Suku Inuit di Alaska, Tetap Sehat Walau Tak Makan Sayur

Suku Inuit tetap sehat karena memakan banyak organ daging mentah yang mempunyai kandungan vitamin C, nutrisi, dan lemak jenuh tinggi

Context.id | 26-07-2024

Dampingi Korban Kekerasan Seksual Malah Terjerat UU ITE

Penyidik dianggap tidak memperhatikan dan berupaya mencari fakta-fakta yang akurat berkaitan dengan kasus kekerasan seksual

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Ini Aturan Penggunaan Bahan Pengawet Makanan

Pengawet makanan dari bahan kimia boleh digunakan dengan batas kadar yang sudah ditentukan BPOM

Noviarizal Fernandez | 25-07-2024