Stories - 13 September 2024

India, Nigeria dan Indonesia Penyumbang Sampah Plastik Terbesar Dunia

Indonesia disebut sebagai salah satu dari tiga negara penyumbang polusi plastik terbesar di dunia.


Polusi Manusia di Pantai/Istimewa

Context.id, JAKARTA - Baru-baru ini, Indonesia disebut sebagai salah satu dari tiga negara penyumbang polusi plastik terbesar di dunia. Informasi ini terungkap dalam laporan yang diterbitkan di jurnal Nature pada hari Senin (09/09/2024). 

Laporan tersebut ditulis oleh tiga peneliti dari University of Leeds, Inggris, yaitu Joshua W. Cottom, Ed Cook, dan Costas A. Velis.

Secara global, sekitar 52,1 juta metrik ton sampah plastik dibuang setiap tahun, mencemari lingkungan mulai dari sekitar tempat tinggal hingga ke lautan terdalam, bahkan mikroplastik masuk ke tubuh manusia.

Menurut penelitian tersebut, India berada di posisi teratas dalam produksi polusi plastik, dengan menghasilkan 10,2 juta metrik ton per tahun. 

Jumlah ini lebih dari dua kali lipat dibanding Nigeria dengan 3,5 juta metrik ton dan Indonesia dengan 3,4 juta metrik ton per tahun. China berada di posisi keempat dengan 2,8 juta metrik ton per tahun. 

Negara lain seperti Pakistan, Bangladesh, Rusia, dan Brasil juga termasuk dalam delapan negara yang bertanggung jawab atas lebih dari separuh polusi plastik dunia.

Menariknya, beberapa negara maju seperti Amerika Serikat berada di peringkat ke-90 dengan 47.600 metrik ton sampah plastik, dan Inggris berada di peringkat ke-135 dengan 4.600 metrik ton.

Masalah Sampah Tidak Terkelola 

Penelitian ini memperkirakan ada sekitar 251 juta metrik ton sampah plastik diproduksi setiap tahun di seluruh dunia, cukup untuk mengisi sekitar 200.000 kolam renang ukuran Olimpiade. 

Sekitar 52,1 juta metrik ton dari jumlah ini tetap tidak terkelola, artinya tidak dikumpulkan atau didaur ulang oleh otoritas setempat dan berakhir mencemari lingkungan.

Sampah plastik yang tidak terkelola biasanya dibakar dalam api terbuka yang tidak terkendali, melepaskan gas beracun yang bisa menyebabkan penyakit seperti jantung dan gangguan pernapasan. 

Sisanya berakhir sebagai puing-puing yang tersebar di lingkungan, baik itu di daratan maupun lautan.

Perbedaan Bumi Bagian Utara-Selatan 

Penelitian ini juga menyoroti perbedaan antara Bumi Bagian Utara dan Selatan dalam hal polusi plastik. 

Negara-negara di Asia Selatan, Sub-Sahara Afrika, dan Asia Tenggara memiliki tingkat emisi sampah plastik tertinggi, sekitar 69% polusi plastik dunia berasal dari 20 negara yang tergolong miskin dan menengah. 

Meskipun negara-negara berpenghasilan tinggi di Bumi Bagian Utara menghasilkan lebih banyak sampah plastik per kapita, mereka memiliki sistem pengolahan yang baik sehingga mencegah mereka masuk ke daftar negara pencemar terbesar. 

Sebaliknya, pembakaran terbuka dan kurangnya infrastruktur pengelolaan sampah di wilayah Selatan menjadi penyebab utama tingginya tingkat polusi.

Namun, peneliti Costas Velis menekankan bahwa kita tidak boleh menyalahkan negara selatan untuk masalah ini karena ini juga terkait dengan kemampuan pemerintah menyediakan layanan pembuangan sampah yang baik. 


Penulis : Fahri N. Muharom

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Riset IDEA Temukan Kemunduran Demokrasi Dunia Selama 8 Tahun Beruntun

Kredibilitas pemilu dunia terancam oleh menurunnya jumlah pemilih dan hasil pemilu yang digugat serta diragukan.

Fahri N. Muharom | 18-09-2024

Warga Amerika Sebut Kuliah Tidak Lagi Bermanfaat, Kenapa?

Biaya yang semakin tinggi sehingga membuat mahasiswa terjerat utang pinjaman kuliah membuat warga AS banyak yang tidak ingin kuliah

Naufal Jauhar Nazhif | 17-09-2024

Kenapa Konsumen Asia Suka Belanja Barang Mewah?

Konsumen Asia berkontribusi terhadap pertumbuhan industri barang mewah yang luar biasa di Eropa dan Amerika Serikat

Context.id | 17-09-2024

Bumi Bakal Miliki Bulan Mini Selama September-November

Fenoma bulan mini juga ada pada 2006 lalu, sebuah asteroid kecil mengitari Bumi selama sekitar satu tahun dan diikuti asteroid lainnya

Context.id | 17-09-2024