Stories - 14 June 2022

Shopee Akan PHK Massal, Ikut Terseret Gelombang Layoff?

Shopee akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) secara massal. Keputusan ini disebut mempengaruhi lini bisnis ShopeeFood dan ShopeePay.


Pengantar makanan dari ShopeeFood sedang menunggu di depan toko warga, Sabtu (22/5/2022). - Bloomberg -

Context.id, JAKARTA - Di tengah gelombang PHK perusahaan rintisan di seluruh dunia, Shopee, dikabarkan akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) secara massal. Keputusan ini disebut mempengaruhi lini bisnis ShopeeFood dan ShopeePay.

Adapun, PHK akan berdampak pada karyawan Shopee di beberapa pasar di Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand dan Vietnam.

Sebenarnya, keputusan PHK sudah diumumkan oleh seorang eksekutif dari Sea Group (perusahaan induk Shopee) kepada para karyawannya. Adapun, staf Shopee akan mendapatkan pemberitahuan melalui email yang berisi nama karyawan yang terdampak.

Sebenarnya masih belum diketahui alasan dari kebijakan ini. Namun, keputusan PHK ini diambil hanya beberapa bulan setelah adanya kabar Shopee menutup operasinya di India dan memberhentikan lebih dari 300 pegawainya, karena persaingan bisnis. Selain itu, Shopee juga diketahui telah menutup bisnisnya di Prancis yang baru berumur lima bulan, karena kondisi bisnis yang tidak sesuai ekspektasi. 

Sementara itu, dilansir dari Bisnis, kompetisi bisnis pesan-antar makanan daring dengan Grab dan GoTo cukup ketat untuk wilayah Asia Tenggara. Pasalnya, kedua perusahaan tersebut sudah membuka bisnis daring tersebut terlebih dahulu.

Lalu, penutupan tersebut juga disebut sebagai akibat dari sejumlah kondisi ekonomi, seperti inflasi dan kenaikan suku bunga dunia.

 

Bagaimana Kondisi Bisnis Shopee?

Dari sisi kinerja keuangan, Sea Group sebenarnya mengalami perbaikan pendapatan pada kuartal I/2022. Pada periode Januari-Maret, pendapatan Sea Group naik 64,4 persen secara tahunan (yoy) menjadi US$2,9 miliar. Namun, rugi bersih perusahaan juga naik 37,4 persen secara tahunan menjadi US$580,13 juta.

Pasalnya, Sea Group yang terdiri atas perusahan finansial (Sea Money), e-commerce, dan games (Garena) ini, pendapatan utamanya masih didapatkan dari lini bisnis game. Sedangkan untuk Shopee masih mencatat rugi, walaupun sudah mulai membaik.

Pasalnya, transaksi sudah naik 71,3 persen per tahunan menjadi US$1,9 miliar dan total pembelian barang atau jasa (GMV) atau alat ukur kesehatan e-commerce juga naik sebesar 38,7 persen, menjadi US$17,4 miliar.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Suara Golkar Terbesar di Koalisi Prabowo, Jatah Menterinya Banyak?

Kinerja perolehan suara mentereng dalam Pemilu Legislatif atau Pileg 2024 dinilai menjadi tolok ukur

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Laga Panas Para Jawara di AFC Cup U-23

Tiga mantan pemenang Piala Asia AFC U23 lainnya juga turut lolos ke babak penentu itu

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Tren Positif Berlanjut, Industri Mobil Listrik Makin Menjanjikan

Pada 2023 lalu, penjualan mobil listrik memecahkan rekor penjualan mencapai 14 juta unit secara global atau setara dengan 18% dari seluruh penjual ...

Context.id | 24-04-2024

Profi Tiga Hakim Dissenting Opinion Putusan MK Soal Pilpres 2024

Tiga hakim ajukan pendapat berbeda dengan lima hakim lainnya terkait putusan MK yang menolak permohonan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Context.id | 23-04-2024