Stories - 16 November 2023

Upaya Gigih TikTok Jualan Lagi di Indonesia

Platform medsos TikTok berencana jalin kemitraan dengan e-commerce dalam negeri untuk kembali menghadirkan TikTok Shop

Context.id, JAKARTA - Kabar media sosial asal China TikTok yang tengah menjajaki kerja sama dengan pemain besar e-commerce RI agar bisa mendapatkan izin untuk berdagang kembali menjadi perbincangan hangat akhir-akhir ini.  

Merujuk laporan di salah satu media asing, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki mengatakan sudah mendapatkan informasi mengenai langkah TikTok yang  menjalin komunikasi intens dengan 5 perusahaan e-commerce atau dagang-el Indonesia di antaranya Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli. 

Seperti diketahui, ada 5 perusahaan e-commerce teratas di Indonesia yakni  Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan Blibli.

Langkah TikTok menjalin komunikasi dengan perusahaan dagang elektronik di Indonesia tak terlepas dari upayanya untuk kembali menghadirkan fitur TikTok Shop sebagai platform sendiri. 

Untuk informasi, fitur TikTok Shop ditutup pada Oktober lau setelah Kementerian Perdagangan RI menerbitkan revisi regulasi soal e-commerce yang isinya melarang platform media sosial sekaligus beroperasi sebagai ecommerce serta melarang penguasaan data lintas platform oleh perusahaan yang sama.

Hal ini merupakan pukulan telak bagi TikTok yang terpaksa menutup layanan e-commerce TikTok Shop. Pasalnya, fitur ini menurut Menteri Teten mampu meraup cuan triliunan rupiah tiap bulannya. TikTok memiliki 125 juta pengguna di Indonesia.

Saat ini pemerintah Indonesia memang sedang gencar membatasi dominasi perusahaan e-commerce asing yang dinilai melakukan predatory pricing dan mengimpor barang secara ilegal sehingga membuat UMKM dalam negeri kalah bersaing. 

"Saya mau mereka untuk berkomitmen membangun bisnis yang berkelanjutan yang tidak merugikan produk UMKM. Regulasinya tentu jelas mengatur soal skema yang adil dan berkelanjutan," kata Teten.

Terkait e-commerce dalam negeri yang dikatakan menjadi pilihan TikTok salah satunya GoTo. Namun persoalannya, saat ini GoTo sedang berkolaborasi dengan  induk usaha Instagram yakni Meta untuk suatu proyek kerja sama. 

"Ada kerja sama sejak beberapa minggu lau dengan Meta, Instagram. Ada fitur untuk melakukan live streaming. Jadi bisa melakukan siaran langsung di aplikasi Tokopedia dan di Instagram live," ujar Direktur Utama GoTo Gojek Tokopedia Patrick Sugito Walujo dalam pertemuan dengan media awal November lalu. 

Bukan hanya TikTok yang ngiler dengan pasar dalam negeri. Dari informasi Ditjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, sejauh ini Instagram, WhatsApp, dan Facebook sudah mengajukan izin untuk berdagang di Indonesia. 

Konon, begitu juga dengan YouTube yang masih dalam tahap mengkaji untuk masuk pasar e-commerce Indonesia. 


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Perebutan Likuiditas di Indonesia, Apa Itu?

Likuditas adalah kemampuan entitas dalam memenuhi kewajiban finansialnya yang akan jatuh tempo

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Suku Inuit di Alaska, Tetap Sehat Walau Tak Makan Sayur

Suku Inuit tetap sehat karena memakan banyak organ daging mentah yang mempunyai kandungan vitamin C, nutrisi, dan lemak jenuh tinggi

Context.id | 26-07-2024

Dampingi Korban Kekerasan Seksual Malah Terjerat UU ITE

Penyidik dianggap tidak memperhatikan dan berupaya mencari fakta-fakta yang akurat berkaitan dengan kasus kekerasan seksual

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Ini Aturan Penggunaan Bahan Pengawet Makanan

Pengawet makanan dari bahan kimia boleh digunakan dengan batas kadar yang sudah ditentukan BPOM

Noviarizal Fernandez | 25-07-2024