Stories - 01 November 2023

Vale (INCO) Dorong Pertambangan Berkelanjutan Lewat Aksi Pencegahan Stuntin

Emiten tambang PT Vale Indonesia Tbk. (INCO) menerapkan komitmen pertambangan berkelanjutan lewat dukungan atas aksi intervensi mengatasi persoalan stunting di Indonesia.


Ilustrasi Stunting - Alvin Alatas.

Context.id, JAKARTA - Emiten tambang PT Vale Indonesia Tbk. (INCO) menerapkan komitmen pertambangan berkelanjutan lewat dukungan atas aksi intervensi mengatasi persoalan stunting di Indonesia. 

Presiden Direktur sekaligus Chief Executive Officer (CEO) Vale Indonesia Febriany Eddy menjelaskan bahwa meski tak ada kata-kata tambang dalam dukungan terhadap program stunting ini, namun Febri yakin hal ini bisa memberikan nilai manfaat yang besar bagi kehidupan. 

"Tidak ada kata-kata tambang di situ karena memang esensi dari tambang yang berkelanjutan adalah menjadi prinsip kami dalam menambang adalah bagaimana membawa manfaat sebesar-besarnya bagi meningkatkan kualitas hidup manusia," ujarnya, Rabu (1/11/2023).

Lantas mengapa program dukungan atas stunting ini diawali bukan dari area di wilayah operasional Vale yang berada di Sulawesi?

Febri mengatakan stunting ini menjadi agenda dan isu prioritas nasional karena berkaitan dengan pembentukan kualitas sumber daya manusia yang penting untuk membangun daya saing bangsa Indonesia. 

"Nanti setelah Desa Nanjung, ada juga di Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Sumatera Utara, kemudian tentu di Sulawesi di tiga provinsi dimana kami beroperasi," tambahnya.

Secara filosofis, perempuan kelahiran Palembang ini mengatakan kehadiran Vale ini sangat menaruh perhatian besar bagi keselarasan kehidupan manusia dan bumi. Di sinilah, kata dia, Vale sangat peduli untuk menjaga daya dukung lingkungan hidup.

"Banyak yang berkata, mengapa perusahaan tambang berbicara mengenai lingkungan hidup? Menurut kami sangat penting, karena dalam aktivitas pertambangan setiap hari bersentuhan dengan bumi. Bisa dibayangkan kalau kami tidak peduli dengan bumi. Jadi ini menjadi sesuatu yang sangat mengakar di Vale, bumi, dan manusia, itu adalah satu kesatuan," jelas Febri.

Dalam dukungan program intervensi stunting ini, Vale bekerja bersama dengan POKJA dari BKKBN dan Kementerian Kesehatan.

Selain itu, turut pula berkontribusi dalam program ini adalah Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI yang hadir untuk membantu memonitor dan mengevaluasi efektivitas dari program yang dilakukan. 

"Inilah sumbangsih kecil dari Vale untuk pembangunan bangsa kita. Mohon doa restu, dukungan dari Bapak Ibu sekalian, niat baik kami ini bisa berjalan lancar dan memenuhi harapan banyak orang," tutupnya.


Penulis : Aziz Rahardyan

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Apartheid Gender Versi Taliban, Masuk Kategori Kejahatan Kemanusiaan?

Taliban melarang para gadis remaja bersekolah, para pegawai perempuan dilarang untuk bekerja dan para wanita dipaksa menikah dengan pria tua

Context.id | 21-06-2024

Mobil Listrik Ferrari Dilego Rp8,8 Miliar

Model EV kedua besutan Ferrari akan segera menyusul untuk diluncurkan

Noviarizal Fernandez | 21-06-2024

Dijadikan Guyonan Imbas Izin Tambang, Ini Sejarah Terbentuknya Lambang NU

Logo NU merupakan hasil buah tangan dari K.H. Ridwan Abdullah ulama yang juga memiliki kemampuan dalam bidang seni, terutama menggambar dan melukis

Context.id | 21-06-2024

Pengaruh Keju Bagi Kesehatan Mental

Responden yang memiliki kesehatan mental dan ketahanan terhadap stres kuat diduga banyak mengonsumsi keju

Context.id | 20-06-2024