Stories - 10 August 2023

GIIAS dan Potret Kemajuan Industri Otomotif Nasional

GIIAS menjadi barometer pencapaian industri otomotif Indonesia yang punya kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional


Menko Perekonomian Airlangga Hartanto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita meninjau salah satu stan di acara GIIAS 2023/ JIBI/ Eusebio

Context.id, JAKARTA - Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2023 kembali digelar. Pameran otomotif ini akan berlangsung selama 11 hari, mulai dari pembukaan yang berlangsung Kamis (10/8/2023) dan akan berakhir pada Minggu (20/8/2023)

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita membuka acara yang digelar di ICE BSD, Tangerang ini. Selain kedua menteri tersebut, hadir juga Pj Gubernur Banten Al Muktabar, Anggota Wantimpres Gandi Sulistiyanto, Ketua Gaikindo Yohannes Nangoi dan Ketua Pameran GIIAS Rizwan Alamsyah. 

Sebagai informasi, GIIAS 2023 diramaikan 49 merek otomotif sebagai peserta. Untuk mobil penumpang ada Audi, BMW, Citroen, Daihatsu, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, Volkswagen, Volvo, Chery, DFSK, Wuling, Seres, dan MG.

Kemudian ada juga lima merek China yang hendak memulai debutnya melalui GIIAS 2023, yakni Great Wall Motor yang membawahi merek Tank, Haval, dan Ora serta ada juga Neta dan Maxus. Selain itu ada juga lima merek dari kendaraan komersial yakni Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, UD Trucks.

Lalu ada 15 merek kendaraan roda dua yang bakal turut serta yakni Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Benelli, Exotic, Harley-Davidson, Ion Mobility, Keeway, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Enfield, Segway, dan Vespa.

Airlangga saat membuka GIIAS 2023 mengatakan industri otomotif sangat penting untuk menopang perekonomian Indonesia. Data pertumbuhan industri pengolahan yang tumbuh 4,88 persen pada triwulan II-2023 dengan industri manufaktur menjadi kontributor utamanya. Selain itu, ekspor produk kendaraan utuh (CBU) rata-rata meningkat sekitar 25 persen secara tahunan periode Januari-Juni 2023.

Saat ini Indonesia merupakan negara dengan produksi kendaraan bermotor terbanyak ke-11 di dunia. Terdapat 21 perusahaan yang memproduksi hingga 1,6 juta unit kendaraan bermotor di Indonesia.  Pemerintah berambisi untuk terus mendorong pertumbuhan sektor otomotif agar naik peringkat di 10 besar. Pemerintah juga mendorong ekspor produk otomotif.  

Melalui GIIAS 2023 ini, Airlangga berharap jumlah transaksi selama pameran bisa lebih besar dari tahun lalu. Tahun lalu transaksinya sampai Rp 14.3 triliun dengan unit terjual 25.000 unit lebih. Tahun ini harusnya lebih karena slogannya saja 'The Future is Now', kata Airlangga.

Pada kesempatan yang sama, Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita mengapresiasi pencapaian industri otomotif Indonesia yang telah memberikan kontribusi signifikan serta telah mendorong sektor otomotif Indonesia ke level baru. Pemerintah juga berusaha untuk terus menarik investor agar berinvestasi di sektor otomotif ini. 

Misalnya untuk mengembangkan produksi kendaraan listrik, pemerintah membuka kesempatan bagi perusahaan mana pun untuk mulai berinvestasi. Seperti misalnya Mitsubishi Motor Corporation, produsen otomotif asal Jepang yang menargetkan realisasi penanaman modalnya di Indonesia sebesar Rp 12,3 triliun.


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Perebutan Likuiditas di Indonesia, Apa Itu?

Likuditas adalah kemampuan entitas dalam memenuhi kewajiban finansialnya yang akan jatuh tempo

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Suku Inuit di Alaska, Tetap Sehat Walau Tak Makan Sayur

Suku Inuit tetap sehat karena memakan banyak organ daging mentah yang mempunyai kandungan vitamin C, nutrisi, dan lemak jenuh tinggi

Context.id | 26-07-2024

Dampingi Korban Kekerasan Seksual Malah Terjerat UU ITE

Penyidik dianggap tidak memperhatikan dan berupaya mencari fakta-fakta yang akurat berkaitan dengan kasus kekerasan seksual

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Ini Aturan Penggunaan Bahan Pengawet Makanan

Pengawet makanan dari bahan kimia boleh digunakan dengan batas kadar yang sudah ditentukan BPOM

Noviarizal Fernandez | 25-07-2024