Share

Home Unfold

Unfold 05 Agustus 2023

Jembatan Selat Sunda Tetap Jadi Wacana

Jembatan Selat Sunda sempat menjadi wacana yang menuai antusias namun sulit terealisasi.

Context.id, JAKARTA - Jembatan Selat Sunda sempat menjadi wacana yang menuai antusias namun sulit terealisasi.

Wacana untuk menyambungkan Pulau Sumatra dan Jawa dengan melalui sebuah jembatan sempat menggema pada era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono. Ide ini pada 2008 disuarakan oleh para gubernur se-Sumatra agar penyebaran penduduk dan perekonomian menjadi lebih merata.

Sejak itulah proyek ini mulai dikaji secara lebih serius. Ternyata, ada sejumlah tantangan untuk merealisasikan jembatan ini. Mulai dari nilai proyek yang cukup besar, hingga medan yang sangat menantang.

Kendati demikian, hal itu tidak menyurutkan niat pemerintah untuk membangun jembatan tersebut sehingga pada 2009, dibentuklah tim pembangunan jembatan Selat Sunda melalui Keputusan Presiden (Kepres) 36/2009 yang diketuai oleh Hatta Rajasa, Menteri Koordinator Perekonomian saat itu.

Dari hasil uji kelayakan, pembangunan proyek akan berdurasi 10 tahun dan menelan anggaran Rp200 triliun.  Selain berbiaya tinggi, pembangunan jembatan ini juga tidak punya efek ekonomi yang besar bagi daerah lain.  Alhasil, sampai detik ini jembatan itu tidak kunjung dibangun.



Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

Unfold 05 Agustus 2023

Jembatan Selat Sunda Tetap Jadi Wacana

Jembatan Selat Sunda sempat menjadi wacana yang menuai antusias namun sulit terealisasi.

Context.id, JAKARTA - Jembatan Selat Sunda sempat menjadi wacana yang menuai antusias namun sulit terealisasi.

Wacana untuk menyambungkan Pulau Sumatra dan Jawa dengan melalui sebuah jembatan sempat menggema pada era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono. Ide ini pada 2008 disuarakan oleh para gubernur se-Sumatra agar penyebaran penduduk dan perekonomian menjadi lebih merata.

Sejak itulah proyek ini mulai dikaji secara lebih serius. Ternyata, ada sejumlah tantangan untuk merealisasikan jembatan ini. Mulai dari nilai proyek yang cukup besar, hingga medan yang sangat menantang.

Kendati demikian, hal itu tidak menyurutkan niat pemerintah untuk membangun jembatan tersebut sehingga pada 2009, dibentuklah tim pembangunan jembatan Selat Sunda melalui Keputusan Presiden (Kepres) 36/2009 yang diketuai oleh Hatta Rajasa, Menteri Koordinator Perekonomian saat itu.

Dari hasil uji kelayakan, pembangunan proyek akan berdurasi 10 tahun dan menelan anggaran Rp200 triliun.  Selain berbiaya tinggi, pembangunan jembatan ini juga tidak punya efek ekonomi yang besar bagi daerah lain.  Alhasil, sampai detik ini jembatan itu tidak kunjung dibangun.



Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin


RELATED ARTICLES

Mengapa Sejarah Indonesia Perlu Direvisi?

Dari mitos penjajahan 350 tahun hingga pertarungan narasi masa depan

Naufal Jauhar Nazhif . 05 June 2025

Dampak Tersembunyi Militer, Menghancurkan Sekaligus Mencemari Bumi

Sedikit yang tahu setiap ledakan bom, pelatihan militer dan bahkan keberadaan pangkalan militer menghasilkan emisi gas rumah kaca yang besar.

Naufal Jauhar Nazhif . 03 June 2025

Dari Matematika ke Machine Learning, Saatnya Belajar AI di Sekolah

Materi AI dan coding akan masuk ke sistem pendidikan nasional mulai dari SD hingga SMK

Naufal Jauhar Nazhif . 23 May 2025

Krisis Iklim Dilawan dengan Tumbler, Apa Bisa?

\r\nBagi banyak anak muda hari ini, kerusakan alam bisa menjadi pemicu kesadaran iklim dan tumbler menjadi simbol perlawanan mereka.

Renita Sukma . 14 May 2025