Share

Home Unfold

Unfold 05 Agustus 2023

Jembatan Selat Sunda Tetap Jadi Wacana

Jembatan Selat Sunda sempat menjadi wacana yang menuai antusias namun sulit terealisasi.

Context.id, JAKARTA - Jembatan Selat Sunda sempat menjadi wacana yang menuai antusias namun sulit terealisasi.

Wacana untuk menyambungkan Pulau Sumatra dan Jawa dengan melalui sebuah jembatan sempat menggema pada era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono. Ide ini pada 2008 disuarakan oleh para gubernur se-Sumatra agar penyebaran penduduk dan perekonomian menjadi lebih merata.

Sejak itulah proyek ini mulai dikaji secara lebih serius. Ternyata, ada sejumlah tantangan untuk merealisasikan jembatan ini. Mulai dari nilai proyek yang cukup besar, hingga medan yang sangat menantang.

Kendati demikian, hal itu tidak menyurutkan niat pemerintah untuk membangun jembatan tersebut sehingga pada 2009, dibentuklah tim pembangunan jembatan Selat Sunda melalui Keputusan Presiden (Kepres) 36/2009 yang diketuai oleh Hatta Rajasa, Menteri Koordinator Perekonomian saat itu.

Dari hasil uji kelayakan, pembangunan proyek akan berdurasi 10 tahun dan menelan anggaran Rp200 triliun.  Selain berbiaya tinggi, pembangunan jembatan ini juga tidak punya efek ekonomi yang besar bagi daerah lain.  Alhasil, sampai detik ini jembatan itu tidak kunjung dibangun.



Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

Home Unfold

Unfold 05 Agustus 2023

Jembatan Selat Sunda Tetap Jadi Wacana

Jembatan Selat Sunda sempat menjadi wacana yang menuai antusias namun sulit terealisasi.

Context.id, JAKARTA - Jembatan Selat Sunda sempat menjadi wacana yang menuai antusias namun sulit terealisasi.

Wacana untuk menyambungkan Pulau Sumatra dan Jawa dengan melalui sebuah jembatan sempat menggema pada era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono. Ide ini pada 2008 disuarakan oleh para gubernur se-Sumatra agar penyebaran penduduk dan perekonomian menjadi lebih merata.

Sejak itulah proyek ini mulai dikaji secara lebih serius. Ternyata, ada sejumlah tantangan untuk merealisasikan jembatan ini. Mulai dari nilai proyek yang cukup besar, hingga medan yang sangat menantang.

Kendati demikian, hal itu tidak menyurutkan niat pemerintah untuk membangun jembatan tersebut sehingga pada 2009, dibentuklah tim pembangunan jembatan Selat Sunda melalui Keputusan Presiden (Kepres) 36/2009 yang diketuai oleh Hatta Rajasa, Menteri Koordinator Perekonomian saat itu.

Dari hasil uji kelayakan, pembangunan proyek akan berdurasi 10 tahun dan menelan anggaran Rp200 triliun.  Selain berbiaya tinggi, pembangunan jembatan ini juga tidak punya efek ekonomi yang besar bagi daerah lain.  Alhasil, sampai detik ini jembatan itu tidak kunjung dibangun.



Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin


RELATED ARTICLES

Hari Perempuan Internasional Berawal dari Perjuangan Buruh!

Tanggal 8 Maret ditetapkan sebagai Hari Perempuan Internasional. Kok bisa? Sepenting apa sampai dijadikan hari spesial?

Renita Sukma . 14 March 2025

Mengenal Kepulauan Cocos: Dekat ke Indonesia, Tapi Milik Australia

Masyarakat Kepulauan Cocos di Australia merupakan Melayu Muslim dari Nusantara yang dulu dibawa oleh saudagar di era kolonial

Naufal Jauhar Nazhif . 12 March 2025

Viral #KaburAjaDulu, Bentuk Frustrasi Atas Masa Depan Indonesia?

Ada ketidakpuasan terhadap kondisi ekonomi, kualitas hidup yang menurun dan kebijakan pemerintah Indonesia yang dianggap kurang memadai

Context.id . 24 February 2025

Efisiensi Ala Vietnam: Pangkas Kementerian-Lembaga, Hemat Triliunan

Vietnam menargetkan penghematan anggaran hingga Rp72,5 triliun dalam lima tahun ke depan

Naufal Jauhar Nazhif . 19 February 2025