Unfold - 04 August 2023

Pasir Lautku Sayang, Pulauku Malang

Jualan pasir laut itu menguntungkan, padahal pernah dilarang pada masa pemerintahan sebelumnya lho

Context.id, JAKARTA- Jualan pasir laut itu menguntungkan, padahal pernah dilarang pada masa pemerintahan sebelumnya lho.

Praktik penambangan pasir di pesisir untuk keperluan diekspor marak terjadi di pulau-pulau kecil yang tersebar seantero Indonesia. Hal ini mengakibatkan terjadinya kerusakan ekologis yang menyengsarakan masyarakat setempat, termasuk para nelayan.

Karena itu, pada 2003, di era kepemimpinan Megawati Soekarnoputri, ekspor pasir disetop melalui Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan (Kepmenperindag).

Kebijakan pelarangan ini terus dipertahankan di bawah rezim Susilo Bambang Yudhoyono yang menerbitkan perangkatan aturan pelarangan pada 2007.

Pelarangan ekspor pasir laut ini selain demi menyelamatkan masyarakat dari bencana ekologi, juga dikarenakan kegiatan ekspor laut yang didahului dengan penambangan bisa menyebabkan hilangnya sebuah pulau dan merusak batas laut negara.

Karena dilarang, penambangan dan ekspor pasir laut kemudian terjadi secara ilegal. Alih-alih menertibkan para penambang dan eksportir pasir ilegal, pemerintah malah membuka keran ekspor melalui Peraturan Pemerintah No.26/2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut.

Presiden Joko Widodo menegaskan penambangan pasir itu hanya diperbolehkan di titik yang mengganggu pelayaran dan terumbu karang. Dia membantah bahwa pembukaan keran ekspor pasir laut itu dilakukan atas desakan Singapura.


MORE  UNFOLD  VIDEOS

Asyiknya Selingkuh Lewat Aplikasi

Teknologi yang berkembang sangat cepat memberikan banyak manfaat, namun juga membawa kemudharatan seperti perselingkuhan.

Noviarizal Fernandez | 08-02-2024

Sektor FMCG Full Senyum

Pertumbuhan konsumen Fast Moving Consumer Goods makin ciamik dari tahun ke tahun.

Noviarizal Fernandez | 07-02-2024

King Prajogo Makin Tajir

Saham-saham perusahaan yang ia miliki mengalami lonjakan harga.

Noviarizal Fernandez | 18-01-2024

Ketika Kredit Macet Pinjol Melonjak Drastis

Angka kredit macet perusahaan pinjaman online atau pinjol terus melonjak dan membuat cemas regulator

Noviarizal Fernandez | 10-10-2023