Stories - 24 July 2023

Cegah Obesitas, Perhatikan Kandungan Gula Lemak

Pelaku usaha punya tanggung jawab menyosialisasikan keseimbangan gizi kepada konsumen, terutama produk yang menyasar anak-anak.


Jajanan atau makanan cepat saji menjadi salah satu penyebab obesitas

Context.id, JAKARTA -  Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menegaskan bahwa pelaku usaha punya tanggung jawab menyosialisasikan keseimbangan gizi, gula, garam dan lemak kepada konsumen, terutama produk yang menyasar anak-anak.  

“Pelaku usaha ini kan pemilik nomor izin edar yang juga memiliki informasi terkait dengan informasi nilai gizi. Jadi, pelaku usaha juga harus memberikan informasi kepada masyarakat,” jelas Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM, Rita Endang dalam diskusi tentang Obesitas Anak, Senin (24/7/2023).

Di sisi lain, untuk mencegah bahaya obesitas dini pada anak perlu dihadirkan cemilan sehat di lingkungan sekolah. Untuk itu, sejak 2011 BPOM mendorong Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Sadar Pangan Aman (Germas SAPA). 

Melalui Germas SAPA, BPOM menyusun berbagai pedoman dan langkah-langkah strategis demi mencapai gizi seimbang pada anak dengan fokus utama penurunan gula, garam dan lemak (GGL).

Rita mengatakan, pedoman yang telah dibuat melalui Germas SAPA ini diharapkan menginspirasi para kader maupun guru di sekolah dan juga para kepala sekolah, petugas kantin untuk mengedukasi anak-anak kita  agar memilih makanan atau cemilian yang sehat seperti buah. 

“Orang tua juga harus paham. Anak-anaknya harus dibiasakan dengan makanan yang rendah gula. Jika membeli atau memberi makanan, harus betul-betul kita lihat komposisi gulanya. Makanan juga harus rendah lemak, jangan sedikit-sedikit digoreng, tetapi usahakan direbus,” kata Rita.

BPOM, sejauh ini telah memiliki sebuah program untuk mengedukasi makanan sehat di sekolah. Program makanan sehat ini biasanya dijalankan bersamaan dengan  Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). 


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Suara Golkar Terbesar di Koalisi Prabowo, Jatah Menterinya Banyak?

Kinerja perolehan suara mentereng dalam Pemilu Legislatif atau Pileg 2024 dinilai menjadi tolok ukur

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Laga Panas Para Jawara di AFC Cup U-23

Tiga mantan pemenang Piala Asia AFC U23 lainnya juga turut lolos ke babak penentu itu

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Tren Positif Berlanjut, Industri Mobil Listrik Makin Menjanjikan

Pada 2023 lalu, penjualan mobil listrik memecahkan rekor penjualan mencapai 14 juta unit secara global atau setara dengan 18% dari seluruh penjual ...

Context.id | 24-04-2024

Profi Tiga Hakim Dissenting Opinion Putusan MK Soal Pilpres 2024

Tiga hakim ajukan pendapat berbeda dengan lima hakim lainnya terkait putusan MK yang menolak permohonan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Context.id | 23-04-2024