Stories - 17 July 2023

Banyak Meninggal, DPR Minta Ibadah Haji Dievaluasi

Tahun ini, jamaah haji asal Indonesia yang meninggal dunia lebih banyak dibandingkan sebelumnya


Ibadah Haji/ Istimewa

Context.id, JAKARTA -- Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mendesak pemerintah mengevaluasi seluruh proses penyelenggaraan ibadah haji sehingga tidak ada lagi ratusan jamaah haji yang meninggal dunia pada tahun depan.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily mengatakan bahwa tahun ini jamaah haji asal Indonesia banyak yang meninggal dunia dibandingkan pada tahun 2019 lalu. 

Dia mengungkapkan dari total jamaah haji yang pergi ke Tanah Suci sebanyak 209.782 jamaah pada tahun ini, sebanyak 614 jamaah di antaranya meninggal dunia.

“Tahun 2019 lalu saja, jumlah jamaah yang meninggal dunia saja kurang dari 400 orang. Tahun ini cukup tinggi jamaah yang meninggal dunia,” tuturnya di Jakarta, Senin (17/7/2023).

Ace Hasan Syadzily berpendapat meningkatnya jamaah haji yang meninggal dunia tahun ini disebabkan oleh keterlambatan pengangkutan jamaah haji dari Muzdalifah yang seharusnya berangkat maksimal sekitar pukul 08.00 waktu setempat menjadi pukul 13.00 waktu setempat.

Ditambah lagi, kata Ace, saat itu matahari sedang terik dan suhu mencapai 45 derajat celcius dan sekitar 30 persen jamaah haji merupakan jamaah haji lanjut usia (lansia).

“Bahkan hingga saat ini kami mendapatkan laporan masih ada dua jemaah haji Indonesia yang dinyatakan hilang,” katanya.

Ace mengklaim bahwa DPR sudah memiliki banyak catatan dan temuan mengenai penyelenggaraan ibadah haji tahun ini yang harus dijadikan bahan evaluasi Pemerintah bersama Komisi VIII DPR.

“Tugas kami di DPR sebagaimana dalam Undang-Undang Nomor 8 tahun 2019 ialah untuk memastikan agar pelayanan jamaah haji Indonesia bisa terus ditingkatkan,” ujarnya.


Penulis : Sholahuddin Ayyubi

Editor   : Thomas Mola

MORE  STORIES

Suara Golkar Terbesar di Koalisi Prabowo, Jatah Menterinya Banyak?

Kinerja perolehan suara mentereng dalam Pemilu Legislatif atau Pileg 2024 dinilai menjadi tolok ukur

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Laga Panas Para Jawara di AFC Cup U-23

Tiga mantan pemenang Piala Asia AFC U23 lainnya juga turut lolos ke babak penentu itu

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Tren Positif Berlanjut, Industri Mobil Listrik Makin Menjanjikan

Pada 2023 lalu, penjualan mobil listrik memecahkan rekor penjualan mencapai 14 juta unit secara global atau setara dengan 18% dari seluruh penjual ...

Context.id | 24-04-2024

Profi Tiga Hakim Dissenting Opinion Putusan MK Soal Pilpres 2024

Tiga hakim ajukan pendapat berbeda dengan lima hakim lainnya terkait putusan MK yang menolak permohonan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Context.id | 23-04-2024