Stories - 10 July 2023

Ada Operasi Patuh Jaya, Polisi Bidik 14 Pelanggaran Ini

Ini 14 Jenis Pelanggaran yang dibidik Polisi dalam Operasi Patuh Jaya


Informasi Operasi Patuh Jaya yang dirilis Polda Metro Jaya - TMC Polda Metro Jaya.

Context.id, JAKARTA — Polda Metro Jaya tengah menggelar Operasi Patuh Jaya 2023 dan membidik 14 pelanggaran yang biasanya dilakukan pengendara kendaraan roda dua dan roda empat di wilayah hukum yaitu DKI Jakarta, Depok, Tangerang Selatan, dan Bekasi.

Ada sebanyak 14 pelanggaran yang bakal dibidik oleh Kepolisian selama Operasi Patuh Jaya digelar mulai 10-23 Juli 2023 nanti, antara lain kendaraan yang melawan arah, berkendara di bawah pengaruh alkohol, menggunakan ponsel pintar saat mengemudi.

Pelanggaran lainnya adalah tidak menggunakan helm berkualitas Standar Nasional Indonesia (SNI), mengemudi kendaraan tidak menggunakan sabuk, melebihi batas kecepatan, berkendara di bawah umur atau tidak memiliki SIM, sepeda motor bonceng tiga, dan kendaraan tidak penuhi standar kelayakan jalan.

Selain itu, Polda Metro Jaya membidik kendaraan roda dua dan roda empat yang tidak dilengkapi dengan perlengkapan standar, kendaraan tidak dilengkapi STNK, pengemudi kendaraan yang menginjak marka jalan atau menggunakan bahu jalan tol, kendaraan roda empat yang menggunakan rotator atau strobo tetapi bukan peruntukannya dan penertiban kendaraan yang menggunakan plat RFS atau RFP.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Polisi Karyoto memerintahkan seluruh bawahannya untuk tetap humanis dalam menindak dan tidak lupa memasang plang razia pada saat melakukan penindakan tilang terhadap pelanggar.

Jika tidak menggunakan plang razia, Karyoto menegaskan bahwa dirinya langsung yang akan menindak anak buahnya di lapangan. Selain itu, Karyoto menegaskan bahwa anggota Kepolisian tidak boleh bermain dengan pelanggar lalu lintas atau menerima suap.

“Saya akan menindak petugas yang tidak memasang plang razia dan bermain dengan para pelanggar lalu lintas di lapangan,” tuturnya di Jakarta, Senin (10/7/2023).

Tidak hanya itu, menurut Karyoto, seluruh petugas yang melakukan razia di lapangan juga harus memakai baju dan mobil dinas yang bersih, tidak boleh lusuh. Menurut Karyoto, semua jajaran Kepolisian yang bertugas di lapangan juga harus melakukan pengawasan aktif.

“Tidak ada lagi saya menemukan anggota yang menggunakan pakaian dinas lusuh dan mobil dinas yang kotor,” katanya.


Penulis : Sholahuddin Ayyubi

Editor   : Oktaviano Donald

MORE  STORIES

Suara Golkar Terbesar di Koalisi Prabowo, Jatah Menterinya Banyak?

Kinerja perolehan suara mentereng dalam Pemilu Legislatif atau Pileg 2024 dinilai menjadi tolok ukur

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Laga Panas Para Jawara di AFC Cup U-23

Tiga mantan pemenang Piala Asia AFC U23 lainnya juga turut lolos ke babak penentu itu

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Tren Positif Berlanjut, Industri Mobil Listrik Makin Menjanjikan

Pada 2023 lalu, penjualan mobil listrik memecahkan rekor penjualan mencapai 14 juta unit secara global atau setara dengan 18% dari seluruh penjual ...

Context.id | 24-04-2024

Profi Tiga Hakim Dissenting Opinion Putusan MK Soal Pilpres 2024

Tiga hakim ajukan pendapat berbeda dengan lima hakim lainnya terkait putusan MK yang menolak permohonan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Context.id | 23-04-2024