Share

Home Stories

Stories 16 Juni 2023

Bukan DKI, Ini Daerah Pengguna Ponsel Pintar Terbanyak

Pengguna ponsel pintar tumbuh subur di Indonesia, namun infrastruktur masih belum memadai

Pengunjung berada di gerai ponsel pintar di sebuah pusat perbelanjaan, di Jakarta, Rabu (20/6/2018)./JIBI-Dwi Prasetya

Context.id - JAKARTA -- Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan bahwa lebih dari 50 persen penduduk Indonesia sudah menggunakan ponsel pintar sepanjang tahun 2022 kemarin.

BPS mencatat ada sebanyak 67,88 persen penduduk Indonesia yang sudah memakai ponsel pintar, bahkan sejak menginjak usia 5 tahun sudah diberikan ponsel pintar. Angka itu meningkat jika dibandingkan pada tahun 2021, pengguna ponsel pintar ada sebanyak 65,87 persen.

Jika ditinjau dari sebaran wilayah, pengguna ponsel pintar paling banyak sepanjang tahun 2022 kemarin ada di wilayah Kalimantan Timur yaitu 82,37 persen.

Nomor urut kedua ada di wilayah DKI Jakarta sebanyak 82,27 persen. Kemudian, nomor urut tiga ada di wilayah Kepulauan Riau ada sebanyak 79,88 persen. Nomor urut keempat pengguna ponsel pintar paling banyak ada di wilayah Kalimantan Utara sebanyak 78,62 persen, nomor urut kelima yaitu Riau sebanyak 73,47 persen pengguna ponsel pintar.

Sementara itu, pengguna ponsel pintar yang paling sedikit yaitu ada di wilayah Papua sekitar 35,33 persen, Nusa Tenggara Timur (NTT) sebanyak 52,73 persen, Sulawesi Barat 61,07 persen, Nusa Tenggara Barat (NTB) sekitar 61,11 persen dan terakhir di wilayah Maluku Utara sebanyak 61,58 persen.

Jika ditinjau dari sisi gender, pengguna ponsel di Indonesia didominasi oleh kaum pria yaitu sebanyak 72,76 persen, sementara itu wanita yang menggunakan ponsel pintar ada sekitar 62,91 persen.

Meningkatnya pengguna ponsel pintar di Indonesia, menurut data BPS disebabkan oleh penetrasi Internet dan media sosial serta permainan daring yang semakin massif di Indonesia.

Meskipun pengguna ponsel semakin banyak di Indonesia, namun akses teknologi dan informasi masih belum stabil di beberapa wilayah tertentu, terutama di wilayah terdepan, terpencil dan tertinggal (3T).



Penulis : Sholahuddin Ayyubi

Editor   : Puput Ady

Stories 16 Juni 2023

Bukan DKI, Ini Daerah Pengguna Ponsel Pintar Terbanyak

Pengguna ponsel pintar tumbuh subur di Indonesia, namun infrastruktur masih belum memadai

Pengunjung berada di gerai ponsel pintar di sebuah pusat perbelanjaan, di Jakarta, Rabu (20/6/2018)./JIBI-Dwi Prasetya

Context.id - JAKARTA -- Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan bahwa lebih dari 50 persen penduduk Indonesia sudah menggunakan ponsel pintar sepanjang tahun 2022 kemarin.

BPS mencatat ada sebanyak 67,88 persen penduduk Indonesia yang sudah memakai ponsel pintar, bahkan sejak menginjak usia 5 tahun sudah diberikan ponsel pintar. Angka itu meningkat jika dibandingkan pada tahun 2021, pengguna ponsel pintar ada sebanyak 65,87 persen.

Jika ditinjau dari sebaran wilayah, pengguna ponsel pintar paling banyak sepanjang tahun 2022 kemarin ada di wilayah Kalimantan Timur yaitu 82,37 persen.

Nomor urut kedua ada di wilayah DKI Jakarta sebanyak 82,27 persen. Kemudian, nomor urut tiga ada di wilayah Kepulauan Riau ada sebanyak 79,88 persen. Nomor urut keempat pengguna ponsel pintar paling banyak ada di wilayah Kalimantan Utara sebanyak 78,62 persen, nomor urut kelima yaitu Riau sebanyak 73,47 persen pengguna ponsel pintar.

Sementara itu, pengguna ponsel pintar yang paling sedikit yaitu ada di wilayah Papua sekitar 35,33 persen, Nusa Tenggara Timur (NTT) sebanyak 52,73 persen, Sulawesi Barat 61,07 persen, Nusa Tenggara Barat (NTB) sekitar 61,11 persen dan terakhir di wilayah Maluku Utara sebanyak 61,58 persen.

Jika ditinjau dari sisi gender, pengguna ponsel di Indonesia didominasi oleh kaum pria yaitu sebanyak 72,76 persen, sementara itu wanita yang menggunakan ponsel pintar ada sekitar 62,91 persen.

Meningkatnya pengguna ponsel pintar di Indonesia, menurut data BPS disebabkan oleh penetrasi Internet dan media sosial serta permainan daring yang semakin massif di Indonesia.

Meskipun pengguna ponsel semakin banyak di Indonesia, namun akses teknologi dan informasi masih belum stabil di beberapa wilayah tertentu, terutama di wilayah terdepan, terpencil dan tertinggal (3T).



Penulis : Sholahuddin Ayyubi

Editor   : Puput Ady


RELATED ARTICLES

Peran Strategis Media Sosial dalam Membangun Merek

Media sosial sangat penting untuk membangun autentisitas merek, kepercayaan konsumen hingga peningkatan penjualan

Helen Angelia . 18 July 2025

Kidult: Saat Orang Dewasa Rela Habiskan Adult Money untuk Mainan

Memiliki adult money berarti saat untuk memenuhi dan membeli semua keinginan saat masa kecil.

Context.id . 17 July 2025

Dumbphone: Solusi Kabur dari Kalut Dunia Digital?

Dari smartphone ke dumphone, solusi untuk tetap terkoneksi tanpa distraksi.

Context.id . 16 July 2025

Facebook Perketat Monetisasi, Konten Duplikat Bakal Ditindak

Kreator yang ketahuan berulang kali mencuri konten kehilangan akses untuk melakukan monetisasi dalam jangka waktu tertentu

Renita Sukma . 16 July 2025