Exclusives - 14 April 2023

Contextnya Apa: Indonesia Bisa Masuk Pildun?

Dari dulu hingga saat ini, PSSI selalu diganggu dengan hal-hal politik. Hal ini pun bertambah parah menjelang tahun politik 2024.

Context.id, JAKARTA - Dari dulu hingga saat ini, PSSI selalu diganggu dengan hal-hal politik. Hal ini pun bertambah parah menjelang tahun politik 2024.

Adapun salah satu dampaknya adalah penyelenggara Piala Dunia U-19 di Indonesia yang dibatalkan, akibat adanya sejumlah pihak yang menolak adanya timnas Israel bertanding di Tanah Air. 

Akibat hal itu pula, pengamat sepakbola, Tio Nugroho, dengan tegas menyatakan bahwa Indonesia harus memisahkan kepentingan antara sepakbola dengan politik. Pasalnya, hal ini bukan hanya merugikan Indonesia dari segi nama baik, tetapi juga sejumlah faktor lainnya.

Mulai dari segi mental para atlet. Mereka yang telah berlatih selama tiga tahun, ini hanya tinggal menelan pil pahit karena semua usahanya sia-sia.

Kemudian, hal ini juga sangat merugikan para pelaku industri, mulai dari para pengrajin merchandise, restoran, hingga pedagang minuman. Belum lagi sejumlah pelaku pariwisata, seperti hotel dan objek wisata di sekitar daerah tersebut. 

Kalau menurut Tio Nugroho, Indonesia sudah rugi sekitar triliunan rupiah berkat gagalnya penyelenggaraan Piala Dunia U-19 ini.


MORE  EXCLUSIVES  VIDEOS

Sejuta Cerita di Balik Jelajah Sinyal dan Literasi Digital 2023

Tidak terasa Jelajah Sinyal dan Literasi Digital 2023 sudah berakhir dan sejuta cerita tentang transformasi muncul dari sudut negeri.

Noviarizal Fernandez | 14-12-2023

Totalitas Vino Bastian di Film Gampang Cuan

Aktor Vino G. Bastian kembali menampilkan akting memukau dalam film terbarunya Gampang Cuan. Seperti apa kisah di balik film itu?

Noviarizal Fernandez | 23-11-2023

Jelajah Sinyal dan Festival Literasi Digital 2023 Siap Digeber

Bisnis Indonesia kembali meluncurkan program Jelajah Sinyal dan Festival Literasi Digital 2023.

Noviarizal Fernandez | 22-11-2023

Kehangatan Keluarga dalam Junior Music Wonderland

Keluarga adalah segalanya dan pendidikan yang baik harus diawali dalam keluarga.

Noviarizal Fernandez | 05-08-2023