Unfold - 13 March 2023

Kronologi Konflik di Laut Natuna

Dengan adanya perjanjian ZEE, wilayah Indonesia menjadi tumpang tindih dengan sejumlah negara tetangga, seperti Vietnam dan Malaysia.

Context.id, JAKARTA - Perairan Natuna, surga dari ratusan jenis hewan, gas dan minyak bumi, serta menjadi salah satu jalur perdagangan tersibuk di dunia.

Pada masa Orde Baru, perhatian mengenai potensi Natuna pun mulai dilirik. Namun sayangnya, saat itu batas laut Indonesia masih mengadopsi sistem hukum laut Belanda yang membuat banyak pulau di Indonesia menjadi terpisah-pisah dan banyak dilalui kapal asing. 

Perdana Menteri Indonesia saat itu yang menyadari hal ini pun membuat Deklarasi Djuanda membuat ketentuan bahwa batas Indonesia adalah 12 mil dari garis pantai terluar dan kemudian membuat peraturan tentang Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) yang membuat kelautan negara menjadi 200 mil dari garis pantai.

Namun perjanjian tersebut tidak semerta-merta menyelesaikan sengketa antara Indonesia dan negara tetangga. Pasalnya, dengan adanya perjanjian tersebut, wilayah Laut Natuna Utara menjadi tumpang tindih dengan sejumlah negara tetangga, seperti Vietnam dan Malaysia.

Selain itu, ada pula China dengan klaimnya mengenai sembilan garis putus-putus (nine dash line) di Laut China Selatan yang juga tumpang tindih dengan perairan Indonesia. Alhasil, hal tersebut sempat membuat adanya kapal coast guard China yang masuk ke Indonesai dan membuat hubungan antara Indonesia dan China sempat memanas.


MORE  UNFOLD  VIDEOS

Alasan Orang Korea Selatan Terobsesi dengan MBTI

MBTI merupakan akronim dari Myers-Briggs Type Indicator. Ini merupakan tes yang dirancang untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam mel ...

Putri Dewi | 20-03-2024

Keluarga Kerajaan Inggris Selalu Jadi Sorotan

Keluarga Kerajaan Inggris diterpa kontroversi secara beruntun dengan sejumlah gosip tak sedap, mulai dari menghilangnya Putri Wales hingga perseli ...

David Eka | 19-03-2024

Yuk Ngintip Peta Suara Capres di Luar Negeri

Banyaknya jumlah WNI yang tersebar di 128 negara, turut menopang kontribusi suara para paslon.

Noviarizal Fernandez | 18-03-2024

Habis Pemilu, Terbitlah PESD

Merupakan kecemasan yang ditandai dengan perasaan cemas atau takut setelah berakhirnya pemilu.

Noviarizal Fernandez | 15-03-2024