Unfold - 30 December 2022

Upah Minimum 2023 Naik, Kabar Gembira Atau Kabar Buruk?

Permenaker No. 18/2022 yang baru berlaku pada tahun 2023 ini diharapkan dapat berdampak pada meningkatnya daya beli masyarakat.

Context, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan  telah menetapkan kenaikan upah minimum dengan maksimal 10 persen melalui Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia No. 18/2022.

Diketahui, upah minimum adalah upah bulanan paling minim yang ditetapkan setiap tahunnya untuk jaring pengaman di suatu wilayah. Berkaitan dengan tingkat wilayahnya, upah minimum di Indonesia dibagi menjadi Upah Minimum Provinsi (UMP) dan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK).

Permenaker No. 18/2022 yang baru berlaku pada tahun 2023 ini diharapkan dapat berdampak pada meningkatnya daya beli masyarakat, kenaikan gaji, dan terpenuhinya kebutuhan hidup layak.

Namun, penyesuaian upah minimum yang diumumkan oleh Menaker Ida Fauziyah ini ternyata juga menimbulkan pro dan kontra, terutama di kalangan buruh pekerja dan pengusaha. 

Dari kacamata buruh, mereka menuntut bahwa kenaikan upah minimum seharusnya sebesar 13 persen. Kemudian, mereka juga kurang setuju dengan kata-kata “maksimum”. Hal ini berpotensi membuat perusahaan mengambil celah untuk membayar pekerjanya di bawah upah minimum.

Hal tersebut diperkirakan bisa saja terjadi, meskipun saat ini melalui Pasal 23 ayat (2) PP No. 36/2021 tentang pengupahan, pengusaha sudah dilarang untuk membayar upah lebih rendah dari upah minimum yang berlaku di wilayahnya.


MORE  UNFOLD  VIDEOS

Alasan Orang Korea Selatan Terobsesi dengan MBTI

MBTI merupakan akronim dari Myers-Briggs Type Indicator. Ini merupakan tes yang dirancang untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam mel ...

Putri Dewi | 20-03-2024

Keluarga Kerajaan Inggris Selalu Jadi Sorotan

Keluarga Kerajaan Inggris diterpa kontroversi secara beruntun dengan sejumlah gosip tak sedap, mulai dari menghilangnya Putri Wales hingga perseli ...

David Eka | 19-03-2024

Yuk Ngintip Peta Suara Capres di Luar Negeri

Banyaknya jumlah WNI yang tersebar di 128 negara, turut menopang kontribusi suara para paslon.

Noviarizal Fernandez | 18-03-2024

Habis Pemilu, Terbitlah PESD

Merupakan kecemasan yang ditandai dengan perasaan cemas atau takut setelah berakhirnya pemilu.

Noviarizal Fernandez | 15-03-2024