Originals - 19 December 2022

Marak Deforestasi, Kalimantan Masih Paru-paru Dunia?

Setidaknya ada 18,7 juta ha hutan hujan tua di Kalimantan yang digunduli karena deforestasi.

Context.id, JAKARTA - Dari dulu, Kalimantan sudah sangat terkenal akan hutannya. Bahkan Kalimantan sempat disebut sebagai paru-paru dunia. Soalnya pada 1973, sebanyak 55,8 juta hektare atau 76% lahan di Kalimantan adalah hutan hujan tua.

\\r\\n

Sayangnya, wajah Kalimantan berubah pada 40 tahun kemudian. Setidaknya ada 18,7 juta ha hutan hujan tua digunduli karena deforestasi. Masalahnya, deforestasi ini bukan hanya karena kemarau panjang atau kekeringan, melainkan juga ulah manusia dengan menjadikannya ladang CPO dan penjualan kayu.

\\r\\n

Memang perdagangan kayu ini sudah diawasi oleh pemerintah, dengan menekankan pada kelengkapan administratif dan dokumen perusahaan perkayuan di Indonesia. Namun perlu diakui bahwa hal ini tidak berdampak banyak, karena persyaratannya yang mudah dimanipulasi dan penegakan regulasi yang sangat lemah.

\\r\\n

Oleh karena itu dalam COP26, para pengamat lingkungan mendesak lembaga keuangan untuk menghentikan deforestasi dunia termasuk Kalimantan yang dikarenakan komoditas (CPO dan komoditas lain) sesegera mungkin.

\\r\\n

Soalnya, peningkatan deforestasi berbanding lurus dengan peningkatan emisi. Pasalnya, hutan memiliki peran penting dalam mengurangi karbon di udara. Dengan demikian, jika hal ini tetap tidak diperhatikan, transisi ke energi bersih akan terganggu dan perusahaan-perusahaan dunia akan tetap merugi karena perubahan iklim.

\\r\\n\\r\\n

 

\\r\\n


MORE  ORIGINALS  VIDEOS

Ini Biang Keladi yang Bikin Banyak BPR Tumbang

Dalam lima tahun terakhir saja, ada 167 BPR yang tumbang

Noviarizal Fernandez | 17-01-2024

Indonesia-Timor Leste Dari Luka Masa Lalu Menatap Masa Depan

Selama jadi bagian dari Indonesia, beberapa peristiwa terjadi, dan menyakiti hati rakyat Timor Timur

Noviarizal Fernandez | 02-01-2024

Petaka di Balik Pengeboran Minyak Bumi

Sekitar 10 hari setelah ledakan, minyak sudah mulai terlihat di wilayah Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia dan terus memburuk setiap harinya.

Noviarizal Fernandez | 26-12-2023

Sampah Plastik Dari Solusi Jadi Masalah

Awalnya, kantong plastik diciptakan untuk menyelamatkan dunia, tapi kemudian menjadi masalah.

Noviarizal Fernandez | 19-12-2023