Unfold - 26 July 2022

Regulasi Head to Head yang Bikin Timnas Indonesia Rugi

Indonesia berhasil mengalahkan Myanmar di Piala AFF U-19. Tapi kok Indonesia enggak masuk ke babak selanjutnya? Ini semua akibat regulasi head to head

Context, JAKARTA - Aturan head-to-head merupakan sistem yang sudah digunakan FIFA sejak piala dunia 1970. Tujuan dari salah satu regulasi dalam sepak bola ini adalah sebagai penentu pemenang dari sejumlah tim dengan poin yang sama.

Sederhananya, jika dalam suatu kompetisi ada beberapa tim dengan poin yang sama, maka yang akan dihitung adalah produktivitas gol dan hasil pertandingan saat beberapa tim tersebut saling bertemu satu sama lain.

Sebagai contoh, jika tim A menang dua kali melawan tim B secara home-away, namun di akhir kompetisi atau babak penyisihan grup memiliki poin yang sama, maka tim B yang akan kalah head-to-head. Namun jika dua pertandingan home-away yang dilakukan seri, maka tim dengan produktivitas gol paling banyak saat saling bertanding lah yang akan menjadi pemenang.

Contoh lainnya, dalam fase grup Piala AFF U-19 2022 lalu, Timnas Indonesia bermain imbang 0-0 dengan Vietnam dan Thailand. Sedangkan saat Vietnam dan Thailand bertemu, mereka bermain imbang dengan skor 1-1.

Di akhir kompetisi, poin antara Indonesia, Vietnam dan Thailand sama. Namun saat saling bertemu, Indonesia gagal mencetak gol melawan 2 negara tersebut. Sedangkan Thailand dan Vietnam sama-sama berhasil mencetak 1 gol. Maka, jumlah gol vietnam dan Thailand lebih banyak, dan hasilnya dua negara tersebut yang lolos sesuai regulasi head-to-head.

Penerapannya yang tidak tepat, membuat Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong saat itu merasa dirugikan. Bahkan, ia mengatakan jika peraturan tersebut sudah kuno. Faktanya, regulasi head-to-head memang sudah jarang dipakai. Meskipun begitu beberapa kompetisi dan liga besar di dunia masih menggunakan regulasi ini.


MORE  UNFOLD  VIDEOS

Asyiknya Selingkuh Lewat Aplikasi

Teknologi yang berkembang sangat cepat memberikan banyak manfaat, namun juga membawa kemudharatan seperti perselingkuhan.

Noviarizal Fernandez | 08-02-2024

Sektor FMCG Full Senyum

Pertumbuhan konsumen Fast Moving Consumer Goods makin ciamik dari tahun ke tahun.

Noviarizal Fernandez | 07-02-2024

King Prajogo Makin Tajir

Saham-saham perusahaan yang ia miliki mengalami lonjakan harga.

Noviarizal Fernandez | 18-01-2024

Ketika Kredit Macet Pinjol Melonjak Drastis

Angka kredit macet perusahaan pinjaman online atau pinjol terus melonjak dan membuat cemas regulator

Noviarizal Fernandez | 10-10-2023