Stories - 12 May 2022

Harga Kripto LUNA Anjlok, dari Rp1,2 Juta Jadi Rp500

Amblesnya harga kripto LUNA menimbulkan keresahan para investor, bahkan banyak di antaranya yang mengaku frustrasi.


Harga token Luna di Terra Station Dashboard pada smartphone yang diatur di Hastings-on-Hudson, New York, AS, Minggu (10/4/2022). - Bloomberg -

Context.id, JAKARTA - Harga mata uang kripto Terra (LUNA) terjun bebas. Pada Kamis (12/5/2022) pukul 16.00 WIB, LUNA yang merupakan 10 besar mata uang kripto terbaik, berada di angka US$0,034 (Rp496) per keping.

Padahal, pada Selasa (5/5/2022) masih berada di angka US$83 (Rp1.212.704) atau mengalami penurunan lebih dari 99 persen.

Diketahui, kejadian ini dikarenakan LUNA menginvestasikan sebagian besar cadangan dana mereka kepada stablecoin UST. Investasi itu berlandaskan keyakinan perusahaan pada sifat aset UST yang berlandaskan dolar dan sama-sama berada di ekosistem Terra. Hal ini pun awalnya berdampak positif, harga LUNA menjadi lebih stabil layaknya harga stablecoin UST.

Namun sayangnya, UST beberapa hari lalu terdampak ketidakstabilan USD yang dikarenakan kebijakan moneter Bank Sentral AS, The Fed. Oleh karena itu, banyak investor yang melakukan penjualan UST yang juga berdampak pada LUNA.

Otomatis, hal ini menimbulkan keresahan para investor, bahkan banyak di antaranya yang mengaku frustrasi. Melansir dari Bisnis, di sub-forum reddit r/TerraLuna, ada seorang pengguna kehilangan US$450.000 (Rp6,5 miliar).

“Saya kehilangan US$450.000 (setara Rp6,5 miliar) dan saya tidak akan bisa membayar utang kepada bank. Saya akan kehilangan jaminan rumah dan jadi tunawisma,” ujar pengguna tersebut.

Tidak hanya itu, terdapat banyak anggota forum lain yang bernasib lebih sama bahkan lebih sengsara karena harga LUNA yang terjun bebas. Bahkan moderator forum pun menaruh kontak bantuan hotline dokter jiwa dan psikolog di halaman pertama forum agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, media-media lain juga menuliskan pesan penyemangat untuk para trader dan investor yang terkena dampak ini.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Tuai Pro-Kontra, Parlemen Swedia Sahkan Revisi UU Pergantian Kelamin

Parlemen Swedia telah mengesahkan revisi undang-undang baru yang memudahkan seseorang untuk mengubah jenis kelamin mereka

Context.id | 19-04-2024

Google Kembali PHK Karyawan, CEO Memprediksi Tahun Depan Juga

Sebelumnya, Google telah memecat ratusan karyawan pada Januari lalu demi efisiensi keuangan untuk pengembangan teknologi AI

Context.id | 19-04-2024

OJ Simpson, Dari Superstar Jadi Narapidana

Dia kemudian mencapai rekor dan menjadi salah satu pemain terhebat dalam sejarah American football.

Noviarizal Fernandez | 19-04-2024

Post Holiday Blues, Depresi Setelah Liburan

Tak jarang ditemui setelah liburan ada yang belum siap untuk kembali melakukan rutinitas sehingga mengalami kecemasan

Context.id | 19-04-2024