Originals - 01 November 2023

Optimisme SDM Indonesia Bakal Makin Unggul

Sumber daya manusia Indonesia makin mengalami peningkatan dari tahun ke tahun namun butuh waktu panjang untuk menyamai negara-negara lain.

Context.id, JAKARTA - Sumber daya manusia Indonesia makin mengalami peningkatan dari tahun ke tahun namun butuh waktu panjang untuk menyamai negara-negara lain.

Ya, faktanya, saat ini SDM Indonesia masih terus berkembang. Untuk mengukur kualitasnya, satu-satunya cara adalah dengan indeks pembangunan manusia. Indeks itu diukur berdasarkan dimensi harapan hidup, pengetahuan, dan kehidupan yang layak.

Pada 2022, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat indeks pembangunan manusia di Indonesia mencapai 72,91%, naik 0,86% dari tahun sebelumnya. Bahkan dalam 12 tahun, IPM Indonesia terus meningkat dengan rata-rata 0,77% per tahun.

Peningkatan ini juga bisa dilihat dari setiap dimensi penentunya, lho!. Pertama, Umur harapan hidup Indonesia dari 2010 hingga 2022 tumbuh 0,24% setiap tahunnya.

Dari dimensi pengetahuan, pertumbuhan juga tercatat pada dua indikator utama, yakni harapan lama sekolah (HLS) dan rata-rata lama sekolah (RLS). Di periode yang sama, HLS meningkat 1,25% per tahun, dan RLS meningkat 1,28% per tahun.

Kemudian, dari dimensi standar hidup layak, peningkatan IPM bisa dilihat dari pengeluaran rata-rata per kapita. Mau tahu penjelasan selanjutnya? Simak youtube Context ID ya.


MORE  ORIGINALS  VIDEOS

Biaya UKT Mahal, Orang Miskin Dilarang Kuliah?

Membayar uang kuliah melalui skema pinjaman daring alias pinjol menarik perhatian publik dan memancing diskusi panjang.

Noviarizal Fernandez | 02-04-2024

50 Tahun Peristiwa Malari dan Sentimen Modal Asing

Peristiwa Malari merupakan kepingan sejarah dari perjalanan modal asing, khususnya Jepang di Indonesia.

Noviarizal Fernandez | 18-03-2024

Ini Biang Keladi yang Bikin Banyak BPR Tumbang

Dalam lima tahun terakhir saja, ada 167 BPR yang tumbang

Noviarizal Fernandez | 17-01-2024

Indonesia-Timor Leste Dari Luka Masa Lalu Menatap Masa Depan

Selama jadi bagian dari Indonesia, beberapa peristiwa terjadi, dan menyakiti hati rakyat Timor Timur

Noviarizal Fernandez | 02-01-2024