Originals - 16 November 2022

Air di Jakarta Kian Tercemar, Hidup Sehat Semakin Samar

65% masyarakat Jakarta tuh masih menggunakan air tanah untuk kegiatan sehari-hari. Padahal, dampak negatif penggunaan air tanah banyak lho. Apa saja?

Pada 2018, 65 persen warga di Jakarta masih menggunakan air tanah untuk kebutuhan sehari-hari, seperti untuk mandi, mencuci baju, hingga air minum. Padahal, 80-90 persen sumur di DKI Jakarta ini terkontaminasi dengan bakteri e.coli dari feses dan bisa mengakibatkan diare.

Hal inipun membuat prevalensi diare di Jakarta mencapai 8 dari 100 kasus. “Ini tergolong tinggi. Hanya saja, masyarakat saat ini sudah menganggap diare sebagai penyakit sehari-hari yang dianggap sepele,” ujar Pakar Kesehatan Lingkungan dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Sumengen Sutomo.

Pasalnya, banyak rumah-rumah yang jarak antara WC dan sumur itu dekat sekali. Padahal sebenarnya syaratnya itu 10-15 meter. Namun, akibat pemukiman Jakarta yang semakin padat, persyaratan jarak minimal ini sudah tidak diperhatikan oleh masyarakat.

Maka dari itu, pemerintah provinsi DKI Jakarta diminta untuk mempercepat pembangunan pipanisasi untuk menghentikan eksploitasi air tanah di Jakarta dan juga agar kualitas air minum lebih terjamin kebersihannya.

Namun faktanya, data menunjukkan bahwa 28 persen air PDAM juga tercemar bakteri-bakteri jahat ini. Pasalnya, sekitar 40 persen pipa mengalami kebocoran dan membuat airnya ikut tercemar.

Oleh karena itu, Indonesia sudah membuat regulasi mengenai persyaratan kualitas air minum dalam Permen Kesehatan No.492/MENKES/PER/IV/2010 tentang persyaratan kualitas air minum, yang mengatur adanya pengawasan dan pengetesan air minum, dan memperbolehkan penarikan produk air minum yang tidak memenuhi persyaratan.

Selain itu, pemerintah sebenarnya juga merencanakan mengenai pelarangan penggunaan air tanah dalam kehidupan sehari-hari, dan menganjurkan untuk mengganti ke air pipa atau PDAM.


MORE  ORIGINALS  VIDEOS

Biaya UKT Mahal, Orang Miskin Dilarang Kuliah?

Membayar uang kuliah melalui skema pinjaman daring alias pinjol menarik perhatian publik dan memancing diskusi panjang.

Noviarizal Fernandez | 02-04-2024

50 Tahun Peristiwa Malari dan Sentimen Modal Asing

Peristiwa Malari merupakan kepingan sejarah dari perjalanan modal asing, khususnya Jepang di Indonesia.

Noviarizal Fernandez | 18-03-2024

Ini Biang Keladi yang Bikin Banyak BPR Tumbang

Dalam lima tahun terakhir saja, ada 167 BPR yang tumbang

Noviarizal Fernandez | 17-01-2024

Indonesia-Timor Leste Dari Luka Masa Lalu Menatap Masa Depan

Selama jadi bagian dari Indonesia, beberapa peristiwa terjadi, dan menyakiti hati rakyat Timor Timur

Noviarizal Fernandez | 02-01-2024