Stories - 08 December 2023

Asosiasi Pengusaha Dukung Kelanjutan IKN

Pengusaha dalam negeri tetap mendukung keberlanjutan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara demi pemerataan pembangunan ekonomi nasional

Context.id,  JAKARTA - Proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mendapatkan kritik dari banyak pihak. Terutama dari pendukung calon presiden (capres) yang memang tidak menyetujui perpindahan ibu kota dan pembangunan IKN. 

Menanggapi kritikan tersebut, kelompok pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia buka suara. Pelaksana Tugas Harian Ketua Umum Kadin Indonesia Yukki Nugrahawan Hanafi, menyatakan pihaknya berkomitmen untuk mendukung keberlanjutan mega proyek itu.

"Kadin Indonesia sejak awal mendukung sepenuhnya IKN. Itu clear," tegas Yukki dalam dalam agenda Media Briefing Rapimnas Kadin 2023,  Kamis (7/12/2023) lalu.

Pengusaha bidang logistik itu menjelaskan, sikap ini ditunjukkan pihaknya sebab Kadin adalah salah satu organisasi yang sejak awal sudah mengawal pembangunan IKN Nusantara.

Bersama pemerintah, Yukki mengatakan Kadin memperkenalkan IKN Nusantara ke berbagai investor. Yukki bahkan mengatakan, bahwa ia dan jajaran Kadin sudah keliling dunia untuk memperkenalkan IKN Nusantara ke berbagai investor internasional.

"Saya, bu Shinta, sudah keliling dunia termasuk Januari dan Februari tahun lalu di Davos (World Economic Forum). Forum APEC di Amerika juga kita sampaikan itu," imbuhnya.

Selain hal itu, Yukki mengatakan bahwa pembangunan IKN juga diperlukan sebagai solusi bagi pemerataan pembangunan Indonesia. Dalam 20-30 tahun ke depan, ia juga mengaku tidak bisa membayangkan kondisi Jakarta jika masih berstatus sebagai ibu kota negara.

Sementara soal pemerataan pertumbuhan ekonomi, Yukki menjelaskan pemerintah dan pihaknya pun juga mengupayakan hal tersebut dengan hilirisasi industri, hilirisasi sumber daya alam, dan lain sebagainya.

"Saya bilangnya Kadin Indonesia mendukung sepenuhnya IKN. Saya tidak bilang sepakat atau tidak sepakat (terhadap pernyataan tersebut)," imbuhnya.

Sebelumnya, hal senada juga sudah diungkapkan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Shinta W. Kamdani yang mengatakan bahwa pihaknya bersama pengusaha akan memastikan pembangunan IKN akan tetap berjalan. 

Pasalnya, hal tersebut sudah didasari oleh hukum pembangunan IKN, yaitu Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara, yang dasar hukumnya tidak bisa diubah begitu saja.

“Salah satu tugas kita adalah memastikan bahwa IKN ini akan tetap terus bergulir dan memang menurut kami kan ada dasar hukumnya, Indonesia negara hukum. Kembali lagi kita tidak bisa asal mengubah rubah, seperti itu, kenapa punya keyakinan karena ada dasar hukumnya juga jelas,” ujar Shinta saat ditemui media, beberapa waktu lalu.

Belum lama ini, sejumlah konglomerat kenamaan Indonesia juga berkumpul bersama dan membahas proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bersama dengan politikus PDI Perjuangan Maruarar Sirait yang juga berinvestasi di IKN.

Melalui unggahan foto yang diunggah di akun Instagram Maruarar, ada 4 konglomerat yang hadir dan membahas IKN yakni pemilik Agung Sedayu Grup Sugianto Kusuma. Kedua, pemilik Barito Pacific yang saat ini menjadi orang terkaya di Indonesia Prajogo Pangestu. 

Ketiga, Bos Sinarmas Franky Widjaja. Sedangkan yang keempat adalah Garibaldi Thohir atau Boy Thohir yang merupakan Kakak Menteri BUMN Erick Thohir. Mereka membicarakan IKN sambil makan malam.

"Sambil makan malam, kami berdiskusi dengan pengusaha senior yang sangat sukses, Pak Aguan, Pak Prajogo Pangestu, Pak Franky Wijaya dan Pak Boy Thohir. Berdiskusi tentang IKN, bagaimana membuat Indonesia sentris, pemerataan dengan membangun IKN serta dampak positif kepada masyarakat di sekitar IKN dan membuat pusat ekonomi baru di kawasan Kalimantan yang punya dampak semakin baik kepada masyarakat luas," kata Maruarar. 

Sejumlah pengusaha RI bahu membahu membantu Jokowi dalam membangun IKN. Pengusaha tersebut tergabung dalam konsorsium yang dipimpin oleh Aguan dan sudah menggelontorkan Rp20 triliun untuk membantu Jokowi dalam membangun IKN.

Presiden Joko Widodo meminta agar pengerjaan proyek strategis nasional atau PSN yang telah dikerjakan tidak boleh terhenti atau mandek. Salah satu proyek yang dimaksud Presiden adalah pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur.

Presiden Joko Widodo, dalam acara Sewindu PSN, Rabu (13/9/2023), di Jakarta, mengatakan, PSN terbukti positif dalam mendongkrak ekonomi nasional. PSN, antara lain, menyerap 11 juta tenaga kerja lewat pengerjaan 161 proyek pembangunan infrastruktur dalam kurun waktu delapan tahun terakhir.

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia juga menyatakan investor asing akan mulai masuk dan melakukan pembangunan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada tahap II atau setelah 17 Agustus 2024.  

“Sudah ada yang masuk. Tapi saya diperintah presiden untuk di kluster A memprioritaskan kepada pengusaha dalam negeri agar tempat premium itu dikuasai oleh anak-anak negeri sendiri,” ujarnya saat Rakornas Investasi 2023 di Balai Kartini, Kamis (7/12/2023).  

Bahlil memastikan bahwa sejumlah negara seperti Arab, China, dan Korea akan menempati lahan-lahan di IKN. 

Nantinya, PMA tersebut baru akan masuk setelah pemerintah merampungkan pembangunan tahap I yang akan selesai dengan ditandai pelaksanaan upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024.  

Satuan Tugas (Satgas) Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN, mencatat hingga periode 19 Oktober 2023, progres pembangunan IKN telah mencapai 33%. Sementara komitmen investasi negara dan sejumlah private sector di IKN hingga akhir tahun 2023 nilainya mencapai Rp45 triliun.  

Secara perinci, total investasi yang disuntik oleh PMDN pada groundbreaking September lalu totalnya mencapai Rp23 triliun, pada November 2023 sebesar Rp12 triliun dan pada Desember 2023 Rp10 triliun. 


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Sederet Menteri Jokowi yang Gemar Olahraga

Di tengah kesibukannya, menteri-menteri kabinet Jokowi nyatanya banyak gemar berolahraga juga

Ririn oktaviani | 23-02-2024

Pendiri WikiLeaks Julian Assange akan Diekstradisi?

Pemerintah AS dan juga warga dunia menunggu langkah selanjutnya Pemerintah Inggris, apakah akan mengekstradisi Julian Assange atau tidak.

Context.id | 23-02-2024

Tuntut Perbaikan Upah, Dokter di Korsel Mogok Kerja

Unjuk rasa ini menjadi salah satu aksi mogok kerja terbesar dalam sejarah Korea Selatan. Negeri Gingseng ini sering diwarnai unjuk rasa gerakan ...

Context.id | 23-02-2024

Pemerintah Adakan Program Doktor Terapan di Perguruan Tinggi Vokasi

Program doktor terapan membuat pendidikan vokasi mempunyai jenjang pendidikan yang lengkap, mulai dari diploma, sarjana, magister hingga doktor.

Context.id | 22-02-2024