Share

Home Originals

Originals 04 Agustus 2023

Ketiga Burger Jadi Tolok Ukur Perekonomian Bangsa

Kalian tahu nggak sih kalau harga burger Big Mac itu bisa jadi tolok ukur inflasi? Lho kok bisa?

Context.id, JAKARTA - Kalian tahu nggak sih kalau harga burger Big Mac itu bisa jadi tolok ukur inflasi? Lho kok bisa?

Dulu para ekonom kesulitan membandingkan daya beli masyarakat antar daerah atau negara. Mereka tidak tahu, barang atau alat ukur apa yang bisa jadi ukuran bersama. 

Hingga akhirnya pada 1986, majalah The Economist menemukan ada satu barang yang identik di seluruh dunia dan dapat merepresentasikan perekonomian suatu negara, yakni burger Big Mac dari McDonalds.

Dalam setiap Big Mac, turut serta berbagai faktor yang memengaruhi harga seperti biaya tenaga kerja, pajak, biaya bahan mentah atau daya beli masyarakat.

Pada akhirnya, penentuan harga burger jenis ini disebut sebagai indeks Big Mac atawa burgernomics.

Sejak saat itu, indeks ini menjadi standar global untuk perbandingan harga serta mengetahui daya beli dari masing-masing negara. 

Harga juga diteliti dari tahun ke tahun oleh para ekonom karena dari sini bisa diketahui kondisi keuangan suatu negara.

Tidak hanya itu saja, indeks Big Mac juga bisa mengukur tinggi maupun rendahnya suatu mata uang serta tingi rendahnya biaya hidup pada suatu negara.

Tapi ada juga kelemahan dari indeks ini yakni belum semua negara memiliki gerai McDonalds yang menjajakan burger ini sehingga tidak bisa mendapatkan informasi detail tentang perkonomian negara itu melalui harga Big Mac.



Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

Originals 04 Agustus 2023

Ketiga Burger Jadi Tolok Ukur Perekonomian Bangsa

Kalian tahu nggak sih kalau harga burger Big Mac itu bisa jadi tolok ukur inflasi? Lho kok bisa?

Context.id, JAKARTA - Kalian tahu nggak sih kalau harga burger Big Mac itu bisa jadi tolok ukur inflasi? Lho kok bisa?

Dulu para ekonom kesulitan membandingkan daya beli masyarakat antar daerah atau negara. Mereka tidak tahu, barang atau alat ukur apa yang bisa jadi ukuran bersama. 

Hingga akhirnya pada 1986, majalah The Economist menemukan ada satu barang yang identik di seluruh dunia dan dapat merepresentasikan perekonomian suatu negara, yakni burger Big Mac dari McDonalds.

Dalam setiap Big Mac, turut serta berbagai faktor yang memengaruhi harga seperti biaya tenaga kerja, pajak, biaya bahan mentah atau daya beli masyarakat.

Pada akhirnya, penentuan harga burger jenis ini disebut sebagai indeks Big Mac atawa burgernomics.

Sejak saat itu, indeks ini menjadi standar global untuk perbandingan harga serta mengetahui daya beli dari masing-masing negara. 

Harga juga diteliti dari tahun ke tahun oleh para ekonom karena dari sini bisa diketahui kondisi keuangan suatu negara.

Tidak hanya itu saja, indeks Big Mac juga bisa mengukur tinggi maupun rendahnya suatu mata uang serta tingi rendahnya biaya hidup pada suatu negara.

Tapi ada juga kelemahan dari indeks ini yakni belum semua negara memiliki gerai McDonalds yang menjajakan burger ini sehingga tidak bisa mendapatkan informasi detail tentang perkonomian negara itu melalui harga Big Mac.



Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin


RELATED ARTICLES

Mengapa Harga Emas Naik-Turun Seperti Rollercoaster? Ini Sejarahnya

Dalam dunia yang makin tak menentu dari perang dagang hingga ketegangan geopolitik emas kembali menjadi primadona.

Naufal Jauhar Nazhif . 30 April 2025

Salib: Dari Alat Hukuman Brutal Menjadi Simbol Iman

Salib tidak lagi dibaca sebagai instrumen hukuman, melainkan lambang kasih ilahi.

Naufal Jauhar Nazhif . 29 April 2025

Emas Diburu dan Harganya Melambung, Apa yang Sebenarnya Terjadi?

Seperti banyak fenomena dalam pasar keuangan, emas bergerak mengikuti kekuatan klasik: ketakutan, ketidakpastian dan tentu saja, logika ekonomi dasar.

Naufal Jauhar Nazhif . 28 April 2025

Jumbo, Saat Film Animasi Indonesia Mencetak Sejarah di Layar Lebar

Di tengah dominasi horor dan drama cinta rumit, sebuah film animasi lokal mencuri perhatian dan pecahkan rekor

Renita Sukma . 25 April 2025