Stories - 29 May 2023

Banyak Artis Incar Jabatan Politik, Untungkah?

Fenomena selebriti memasuki ranah politik di Indonesia menjadi tren lama yang digeluti hingga kini.


Gedung DPR RI / Bisnis.com

Context.id, JAKARTA - Fenomena selebriti memasuki ranah politik di Indonesia menjadi tren lyang berlangsung hingga kini. Belakangan, Aldi Taher menghebohkan jagat media dengan aksi nyelenehnya saat diwawancarai salah satu stasiun televisi nasional. 

Diketahui, Aldi Taher memulai karir di dunia hiburan dengan mengikuti ajang pencarian model majalah pada 2001. Setelah itu, Aldi merambah menjadi model video klip, anggota grup musik, hingga pelawak. 

Artis bernama lengkap Rahmat Aldiansyah Taher ini mencalonkan diri sebagai bakal calon legislatif (Bacaleg) 2024 mendatang. Namanya melambung tatkala terdaftar di dua partai sekaligus yakni, Partai Bulan Bintang sebagai Bacaleg DPRD DKI Jakarta dan Perindo sebagai Bacaleg DPR RI. 

Dalam wawancara tersebut, Aldi menegaskan bahwa dirinya telah mundur dari PBB dan fokus berdedikasi di bawah naungan Perindo. Alhasil, kabar tersebut trending di media sosial bahkan meraih peringkat pertama di Twitter beberapa hari lalu. 

Tak hanya Aldi Taher, sebelumnya berhamburan pula artis Indonesia yang lebih dulu mencoba peruntungannya menempati jajaran kursi parlemen. Misalnya Krisdayanti dan Tina Toon yang mewakili PDIP, Mulan Jameela dari Gerindra, dan masih banyak lagi. 

Keuntungan Menjadi Wakil Rakyat

“Wakil rakyat seharusnya merakyat, jangan tidur waktu sidang soal rakyat.” Begitulah segelintir lirik lagu milik Iwan Fals yang berjudul Surat Buat Wakil Rakyat

Wakil rakyat menjadi salah satu jabatan tersohor dengan segudang kenikmatan bagi anggotanya. Meski begitu, tanggung jawab dan beban seorang anggota legislatif juga sangat berat hingga perlu kredibilitas serta integritas baik para calonnya. 

Tak heran jika penawaran pendapatan pun akan sama besarnya dengan amanah yang diemban. Adapun gaji pokok anggota DPR tertuang dalam Surat Edaran Setjen DPR RI No.KU.00/9414/DPR RI/XII/2010 dan Surat Menteri Keuangan Nomor S-520/MK.02/2015.

Aturan yang berlaku menjelaskan bahwa anggota dewan akan mendapat gaji sesuai jabatan, tunjangan, sampai dana pensiun saat masa sumbangsihnya berakhir. Mereka akan mendapat dukungan fasilitas berupa tempat tinggal, kendaraan, alat kendaraan dan studi banding ke luar negeri. 

Seorang wakil rakyat secara tidak langsung juga bakal mendapat sorotan publik. Dengan begitu, popularitas di mata masyarakat pun semakin meningkat seiring track record perjalanannya di dunia politik. Bisa ke arah positif atau sebaliknya, tergantung kinerja dan pemikiran yang dihasilkan.


Penulis : Nisrina Khairunnisa

Editor   : Thomas Mola

MORE  STORIES

Perebutan Likuiditas di Indonesia, Apa Itu?

Likuditas adalah kemampuan entitas dalam memenuhi kewajiban finansialnya yang akan jatuh tempo

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Suku Inuit di Alaska, Tetap Sehat Walau Tak Makan Sayur

Suku Inuit tetap sehat karena memakan banyak organ daging mentah yang mempunyai kandungan vitamin C, nutrisi, dan lemak jenuh tinggi

Context.id | 26-07-2024

Dampingi Korban Kekerasan Seksual Malah Terjerat UU ITE

Penyidik dianggap tidak memperhatikan dan berupaya mencari fakta-fakta yang akurat berkaitan dengan kasus kekerasan seksual

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Ini Aturan Penggunaan Bahan Pengawet Makanan

Pengawet makanan dari bahan kimia boleh digunakan dengan batas kadar yang sudah ditentukan BPOM

Noviarizal Fernandez | 25-07-2024