Stories - 18 April 2022

Apa yang Terjadi Jika Putin Hadir di Acara Puncak G20?

Jika Putin datang, diperkirakan Presiden Amerika, Perdana Menteri Australia, dan Perdana Menteri Kanada kompak tak mau satu meja dengan Putin.

Context.id, JAKARTA - Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobyova menegaskan, bahwa Presiden Vladimir Putin berencana hadir di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 atau acara puncak dari G20.

“Merujuk persiapan awal, Presiden Putin memastikan niatnya untuk datang ke Bali. Dia menanggapi dengan positif undangan Presiden Joko Widodo,” ujar Vorobyova saat diwawancarai Tempo di rumah dinas kedutaan besar Rusia, Jakarta Selatan, Jumat (15/4/2022).

Dengan demikian, kepanitiaan G20 tahun ini tetap mengundang seluruh anggota forum, termasuk Rusia.

“Jadi, menarik isu yang tidak ada hubungannya dengan agenda G20, apakah akan ada nilai tambahnya? Apakah juga akan menyelesaikan krisis?” ujar Vorobyova.

Seperti yang diketahui, perang Rusia-Ukraina berpengaruh pada dinamika forum internasional G20. Jika Putin benar-benar datang, diperkirakan Presiden Amerika Joe Biden, Perdana Menteri Australia Scott Morrison, dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, kompak tak mau satu meja dengan Putin di forum G20 nanti.

Melansir Bloomberg, Amerika bahkan sudah mengancam untuk absen pada pertemuan G20 jika perwakilan Rusia muncul dalam pertemuan menteri keuangan pada 20 April mendatang.

“Saya telah menjelaskan kepada rekan-rekan saya di Indonesia bahwa kami tidak akan berpartisipasi dalam sejumlah pertemuan jika Rusia ada di sana,” ujar Menteri Keuangan AS, Jenet Yellen saat sidang Komite Jasa Keuangan DPR AS.

Negara-negara G7 (Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, dan AS) juga tengah menilai apakah Rusia juga harus dikeluarkan dari forum G20 karena tindakannya pada Ukraina.

“Ada diskusi tentang apakah pantas bagi Rusia untuk menjadi bagian dari G20,” kata seorang pejabat senior di G7.

 


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Kronologi Harvey Moeis Jadi Tersangka Kasus Korupsi PT Timah

Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan Harvey Moeis sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha P ...

Context.id | 28-03-2024

Satelit Starlink Elon Musk Ikut Kawal Mudik Lebaran 2024 di Indonesia

Satelit luar angkasa penyedia jaringan internet milik Elon Musk, Starlink akan ikut hadir dan mengambil peran dalam masa mudik lebaran 2024 di Ind ...

Context.id | 28-03-2024

Rusia Tuding Barat dan Ukraina Dukung Serangan Teroris di Moskow

Tudingan itu dibantah Ukraina dan Prancis

Context.id | 27-03-2024

Ahli HAM PBB Serukan Sanksi dan Embargo Senjata Israel

lebih dari 30.000 orang Palestina terbunuh atas tindakan Israel dalam operasi militernya di Gaza

Context.id | 27-03-2024